Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta kepada para guru yang melaksanakan tugas di pinggiran perkotaan agar mewaspadai bahaya kecelakaan baik itu darat maupun sungai.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Kamis, mengatakan selama ini pihaknya memang benar-benar memperhatikan para guru yang dinasnya berada jauh dari perkotaan dengan memberikan fasilitas kendaraan darat maupun air.

"Beberapa bulan lalu kita memberikan fasilitas kendaraan roda dua, kemudian juga ada sejumlah perahu bagi guru yang menuju ke sekolah melalui jalur air," kata Vico.

Yang terpenting, sambung orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya tersebut, saat berada di perjalanan alangkah baiknya para guru-guru baik itu perjalanan melalui jalur darat dan air benar-benar memperhatikan keselamatan.

Bahkan sebelum bepergian sebaiknya kendaraan yang nantinya akan digunakan dilakukan pemeriksaan seluruh kesiapannya. Karena kendaraan yang digunakannya itu akan menempuh jarak yang cukup jauh hingga bisa sampai ke sekolah dari rumah para guru-guru yang bertugas di daerah setempat.

"Ya semoga saja apa yang kita khawatirkan tidak akan terjadi, bahkan para guru yang melaksanakan tugas di pinggiran kota selalu dilindungi tuhan sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar sesuai harapan," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, kecelakaan air dialami oleh sejumlah guru yang hendak melaksanakan tugas di Kecamatan Rakumpit. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden kala itu, hanya saja kelotok yang digunakannya tersebut mengalami kerusakan.

Berkaca dari hal tersebut, Disdik setempat terus mengimbau kepada para guru-guru yang melaksanakan tugas di daerah itu agar terus memperhatikan keselamatannya dalam perjalanan.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024