Buntok, Kalteng (ANTARA) - Asisten II Setda Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Rahmat Nuryadin menyatakan bahwa sebanyak 5.746 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah setempat akan mendapatkan bantuan cadangan pangan dari pemerintah pusat.

Bantuan berupa beras tersebut disalurkan kepada 5.746 KPM yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini, kata Rahmat Nuryadin pada acara launching penyaluran cadangan pangan pemerintah tahun 2024, di Buntok, Selasa.

"Bantuan ini merupakan bantuan pangan dari pemerintah pusat melalui Bappenas yang disalurkan melalui bulog sebagai penyedia dan PT Kantor Pos sebagai transporternya," tambah dia.

Adapun jumlah penerima bantuan di Kecamatan Jenamas sebanyak 655 Kepala Keluarga (KK), di Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 872 KK dan di Kecamatan Karau Kuala sebanyak 856 KK," ucap Rahmat Nuryadin mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan. Sedangkan untuk jumlah penerima bantuan di Kecamatan Dusun Utara sebanyak 1.188 KK, di Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 1.172 KK dan di Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 1.003 KK.

""Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian dari pemerintah kepada masyarakat, sekaligus mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan dari program cadangan pangan pemerintah tersebut," kata dia.

Baca juga: Pemkab Barsel distribusikan bansos ke sejumlah desa di dua kecamatan

Sementara pemimpin kantor Bulog cabang Barito Selatan, Sutaryo menambahkan, untuk masing-masing KPM 10 kilogram dalam perbulan.

"Untuk tahap pertama ini kita mengalokasikan sebanyak 57, 460 ton beras yang akan disalurkan kepada penerima manfaat yang tersebar di enam kecamatan di Barito Selatan," kata dia.

Pada acara launching penyaluran cadangan pangan pemerintah tahun 2024 tersebut dilaksanakan penyerahan bantuan beras secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat. Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bulog cabang Buntok itu pun, turut dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Baca juga: Pemkab Barsel berikan 15 beasiswa kuliah di Al Azhar Mesir 

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel kembali salurkan bansos korban banjir di dua desa

Baca juga: Pemkab Barsel bangun tanggul sementara penahan air

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024