Palangka Raya (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu mengatakan pelaksanaan Pemilihan Umum di daerah setempat berlangsung kondusif, tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
"Berkat peran serta masyarakat, kami bersyukur pelaksanaan Pemilu, termasuk pemungutan suara dan tahapan lainnya, sampai saat ini masih kondusif. Kami tidak menerima laporan adanya gangguan kamtibmas," kata Hera di Palangka Raya, Rabu.
 
Pernyataan itu dia sampaikan di sela mendampingi Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dan lainnya saat memantau aktivitas di sejumlah TPS di Palangka Raya.
 
"Kami bersama pak gubernur beserta rombongan juga berbincang dengan petugas dan masyarakat di TPS yang kami kunjungi. Semuanya terkendali dan tahapan pemungutan suara berjalan lancar," kata Hera.
 
Wanita berhijab itu pun mengapresiasi peran masyarakat yang bersama-sama menjaga kondisi tetap aman, nyaman serta saling menghargai dan menghormati pilihan masing-masing.

Baca juga: KPU Kalteng fasilitasi pasien ODGJ gunakan hak suara di RSJ
 
Kondisi itu juga diperkuat dengan adanya aparat yang bertugas melakukan pengawasan dan antisipasi gangguan kamtibmas di lingkungan TPS.
 
"Semoga suasana yang kondusif ini tetap terjaga. Tak hanya pada saat pemungutan suara, atau tahapan perhitungan suara, tetapi sampai nanti ditetapkan pemenang yang sah," jelasnya.
 
Di sisi lain, dia juga menilai antusiasme masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalteng dalam menggunakan hak pilih cukup tinggi. Hera mengungkapkan, saat pagi hari datang ke TPS dekat tempat tinggalnya, sejumlah masyarakat setempat juga telah mengantre untuk menggunakan hak suara.
 
"Di empat TPS yang kami kunjungi bersama pak gubernur tadi, berdasar penuturan KPPS dan pemantauan, warga masuk DPT juga antre untuk menggunakan hak pilih," katanya.

Baca juga: Prabowo-Gibran menang di TPS tempat Gubernur Kalteng mencoblos

Baca juga: Gubernur harapkan putra-putri terbaik Kalteng menjadi Menteri

Baca juga: Kawal Pemilu 2024, Gubernur Kalteng tinjau sejumlah TPS

Pewarta : Rendhik Andika
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024