Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka di daerah setempat akan semakin kuat, usai dilaksanakannya Lomba Giat Penggalang (LGP) tingkat kwartir cabang (kwarcab) yang dipusatkan di Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah, 3-5 Mei 2024.

“Menang atau kalah dalam suatu perlombaan itu sudah biasa. Namun semangat dan kebersamaanlah yang kita harapkan, karena dengan kebersamaan akan menumbuhkan rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka,” kata Jaya saat menutup LGP, Minggu.

Bupati yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Gumas menjelaskan, LGP merupakan ajang untuk meningkatkan persatuan anggota Pramuka, menanamkan jiwa dan semangat sportifitas, solidaritas dan disiplin, serta membina generasi muda yang strategis.

LGP digelar dalam bentuk perlombaan keterampilan kepramukaan. Ada banyak keterampilan kepramukaan yang diperlombakan, antara lain Lomba Tata Letak Tenda Terbaik, Lomba Pioneering, Lomba Sandi, Morse dan Semaphore.

Baca juga: Bupati Gumas berharap kejurnas grasstrack memotivasi pembalap lokal

Selanjutnya lomba pasang dan bongkar tenda, Lomba Penggalang Tangkas Halang Rintang, Lomba Memasak, Lomba Hasta Karya, Lomba Senam Pramuka dan Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Diapun menyampaikan apresiasi kepada semua panitia, dewan juri, pimpinan kontingen, bina damping dan seluruh Pembina Pramuka, yang dengan penuh rasa tanggung jawab dalam mendampingi para peserta dalam mengikuti LGP.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa, yakni dalam memberikan pendidikan yang membentuk karakter.

Karakter yang dimaksud seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreativitas, dan kecakapan berpikir. Karakter ini dibentuk dari kegiatan alam yang biasanya dilakukan oleh organisasi kepramukaan.

“Pramuka merupakan salah satu wadah yang tepat untuk menyiapkan generasi muda yang berkualitas. Saya harap generasi muda Gumas nantinya siap menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi,” demikian Jaya.

Baca juga: Ketua PMI Gunung Mas komitmen tingkatkan kuantitas maupun kualitas aksi sosial

Baca juga: Pemkab Gumas siap jadikan metode gasing program ekstrakurikuler di sekolah

Baca juga: Puluhan pembalap ikuti Kejurnas Grasstrack Region IV Kalimantan di Gumas


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024