Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra mendorong pemerintah kota setempat menggali potensi wisata, melalui taman hutan raya (tahura) agar dapat menjadi destinasi wisata edukasi.
 
"Setiap daerah, termasuk Palangka Raya saya yakin memiliki keindahan alam luar biasa, tinggal bagaimana mengembangkan menjadi destinasi wisata baru untuk meningkatkan potensi pariwisata daerah," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, pengembangan taman hutan raya sebagai destinasi wisata edukasi, dinilai dapat menjadi langkah yang luar biasa dalam menyelaraskan pelestarian alam dengan kegiatan pendidikan yang menarik.
 
Dengan pembangunan taman hutan raya, diharapkan pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alam yang asli namun juga memperoleh pemahaman mendalam mengenai ekosistem hutan dan keanekaragaman hayati.
 
"Tetapi semua pasti ada pertimbangan, termasuk dalam pembukaan taman hutan raya baru pada wilayah yang dinilai memiliki potensi besar," ucapnya.
 
Ia mencontohkan, pemerintah di daerah ini dapat melihat dari kesuksesan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dinilai berhasil mengembangkan pariwisata di kawasan hutan, seperti Taman Hutan Raya Sultan Adam.

Baca juga: Ketua DPRD minta Pemkot Palangka Raya giatkan edukasi masyarakat terkait depo sampah
 
Pemerintah di Kalimantan Selatan pun menggandeng perusahaan untuk mengembangkan pariwisata hingga akhirnya dapat menggaet para pengunjung dan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Kalimantan Selatan.
 
"Jika pemerintah setempat mendukung, tentu pengembangan taman hutan raya akan membawa dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat di daerah ini," ujarnya.
 
Manfaat lain dari objek wisata taman hutan raya, yakni dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat, terutama pelajar untuk mengenal dan menghargai alam sekaligus memahami pentingnya pelestarian lingkungan.
 
Dengan adanya interaktif, seperti tracking dan workshop lingkungan, taman hutan raya dapat membentuk generasi yang peduli terhadap keberlangsungan lingkungan dan warisan alam negara.
 
"Intinya selagi masih bisa digali, saya raya potensi hutan di daerah ini bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah," demikian Beta Syailendra.
 
 
Baca juga: Diskominfo Palangka Raya tingkatkan literasi digital siswa

Baca juga: Anggota DPR RI: Waspadai berita hoaks jelang Pilkada serentak 2024

Baca juga: Ketua KNPI Kalteng daftar ke DPD PDIP sebagai Bacalon Bupati Kapuas

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024