Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap tahun ini ada utusan mereka yang terpilih turut mewakili Kalimantan Tengah bergabung menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional. 

"Alhamdulillah telah terpilih satu utusan Paskibraka Kotim untuk mengikuti seleksi nasional utusan Kalteng. Nanti BPIP pusat yang menetapkan siapa yang mewakili nasional," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotawaringin Timur, Sanggul Lumban Gaol di Sampit, Senin. 

Seleksi Paskibraka Kotim tahun 2024 sebelumnya diikuti 278 peserta yang terdiri 191 putra dan 87 putri yang berasal dari 35 SMA sederajat dari 14 kecamatan, yakni Kecamatan Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Seranau, Kota Besi, Cempaga, Cempaga Hulu, Telawang, Parenggean, Mentaya Hulu dan Antang Kalang. 

Dari ratusan peserta seleksi itu dipilih 75 terbaik, 4 diantaranya dikirim untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi dan nasional, sedangkan 71 orang untuk anggota Paskibraka Kotim. 

Baca juga: Bupati Kotim ingatkan pegawai RSUD Murjani terus tingkatkan pelayanan

Panitia Pelaksana Pembentukan Paskibraka tahun 2024 yang diketuai Sekretaris Daerah Fajrurrahman telah mengumumkan hasil seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Tengah utusan Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2024.

Hasil seleksi akhir terpilih empat peserta terdiri dua laki-laki dan dua perempuan. Mereka adalah Muchammad Berlian Ainul Hakim dari SMAN 2 Sampit, Muhammad Raihan Noorendra dari SMAN 1 Sampit, Zulia Rahmah dari SMAN 2 Sampit dan Brina Widigda Putri dari SMAN 1 Sampit. 

Empat peserta terbaik tersebut diutus mengikuti seleksi calon Paskibraka Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. Dari empat orang tersebut, terpilih untuk mengikuti seleksi Paskibraka Nasional utusan Kalteng yaitu Muhammad Raihan Noorendra. 

"Ini masih belum final. Mudah-mudahan berhasil terpilih," harap Sanggul. 

Sementara itu, pada 2019 lalu seorang pelajar putri Kotawaringin Timur yang berhasil terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional yaitu adalah Ivana Maria S Tangkere. Sebelumnya, Kotawaringin Timur juga sukses menempatkan satu utusannya menjadi anggota Paskibraka Nasional pada 2014 lalu. 

Pemkab Kotawaringin Timur berharap tahun ini utusan daerah ini kembali terpilih menjadi salah satu yang mewakili Kalimantan Tengah bergabung dalam Paskibraka Nasional 2024.

Baca juga: Pemuda Kotim gelar parade di Sampit, serukan pentingnya peduli lingkungan

Baca juga: Legislator yakin pabrik pengolahan limbah medis di Sampit bermanfaat luas

Baca juga: Pemkab Kotim lunasi pembayaran dana hibah Pilkada 2024

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024