Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Polie L Mihing meminta kepada semua pihak untuk mewaspadai munculnya isu-isu bermuatan provokasi mengenai suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Saat ini perbincangan terkait pilkada mulai hangat di media sosial seperti Facebook atau di grup-grup WhatsApp. Semoga perbincangan tersebut tidak dinodai dengan isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita,” kata dia di Kuala Kurun, Jumat.

Dia mengingatkan, masyarakat Kalteng, termasuk Gumas, menjunjung tinggi falsafah Huma Betang atau rumah besar. Falsafah ini mengajarkan masyarakat untuk hidup berdampingan dalam keragaman, demi suatu tujuan dan cita-cita bersama yang luhur dan mulia.

Falsafah Huma Betang itu pula yang membuat hubungan antar umat beragama di Gumas selalu harmonis. Jangan sampai keharmonisan tersebut hancur karena munculnya isu-isu sara jelang Pilkada Serentak 2024.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas ajak masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba

“Saling beradu argumen antara simpatisan yang satu dengan simpatisan yang lain boleh-boleh saja. Tapi saya minta untuk tidak membawa-bawa isu SARA,” tegas pria kelahiran Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara ini.

Di sisi lain, politisi Partai Hanura ini yakin dan percaya, siapapun yang nantinya maju menjadi peserta Pilkada Serentak 2024 merupakan putra/putri terbaik. Baik itu mereka yang maju pada Pilkada Kalteng maupun pada Pilkada Gumas.

Oleh sebab itu, wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini meminta simpatisan, untuk tidak menjelekkan figur-figur yang saat ini mulai bermunculan dan digadang-gadang menjadi calon peserta pilkada.

“Kendalikan jari jemari kita saat beraktivitas di media sosial. Jangan terbawa emosi dan menjelek-jelekan figur-figur yang saat ini bermunculan dan digadang-gadang menjadi calon peserta pilkada,” demikian Polie.

Baca juga: Gumas perkuat sinergi hadapi bencana banjir dan karhutla

Baca juga: Berikut tiga jenis benih ikan terlaris di BBI Gunung Mas

Baca juga: Ketua DPRD berharap Pj Bupati Gunung Mas beri pengabdian terbaik


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024