Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis menerima kunjungan Ketua dan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten setempat di ruang kerja bupati setempat di Muara Teweh, Senin.

Kunjungan tersebut dalam rangka menyampaikan program kegiatan dan kondisi fasilitas olahraga di Kabupaten Barito Utara.Pj Bupati didampingi Kepala Dinas Kominfosandi Mochamad Ikhsan dan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati. 

Ketua Umum KONI Kabupaten Barito Utara, Deddy Suryana menjelaskan sejumlah program KONI baik untuk jangka pendek dan jangka panjang yaitu, melaksanakan pembinaan dan perekrutan atlet, kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (Popnas) dan melaksanakan turnamen dalam rangka meyemarakkan HUT daerah setempat.

“Cabang olahraga yang melaksanakan turnamen adalah sepakbola, bulu tangkis, basket, bola voli, futsal, bina raga dan catur,” kata Deddy didampingi Sekretaris KONI Roby Cahyadi dan pengurus lainnya.

Kemudian, kata dia, program selanjutnya, yaitu menginventarisir fasilitas olahraga, membangun sarana dan prasarana, serta memperbaiki fasilitas olahraga, mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bendahara/keuangan, persiapan Porkab, Pelatkab hingga Porprov Kalteng. 

“KONI juga mengusulkan pembangunan Gedung KONI Barito Utara, pengadaan bus atlet dan wisma atlet daerah ini," kata Deddy Suryana.

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menyambut baik program KONI, mulai dari bimtek penataanusahaan keuangan/bendahara, pembenahan administrasi cabang olahraga hingga pembinaan atlet.

“Terkait usul gedung KONI silahkan direncanakan lokasinya, termasuk wisma atlet, bus atlet dan fasilitas olahraga. Rencanakan dengan detail sampai satuan harga standar akan kebutuhan masing-masing cabang olahraga silahkan dirinci dengan benar tahapan demi tahapan.” kata Muhlis.

Pj Bupati Barito Utara juga berharap cabang olahraga yang meraih medali mendapatkan fasilitas olahraga prioritas tanpa mengesampingkan cabang yang lain. 

“Kabupaten Barito Utara baru saja meraih juara umum pada Festival Budaya Isen Mulang 2024 di Palangka Raya, dan berharap daerah ini meraih prestasi terbaik dalam Porprov Kalteng nantinya,” demikian Muhlis.
 

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024