Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung meminta pemerintah kota untuk bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan pemerintah pusat yakni kementerian dalam pembangunan drainase.
 
"Kami dari awal sudah mengingatkan pemerintah Kota Palangka Raya untuk segera melakukan lelang terhadap pengerjaan drainase," katanya di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia menjelaskan, di Kota Palangka Raya terdapat tiga jenis kategori drainase. Tiga drainase tersebut, yakni mulai dari tersier yang dikelola oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.
 
Kemudian sekunder yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan drainase primer yang dikelola oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian.
 
"Karena saluran drainase kita ini saling terhubung, jadi perlu ada sinergi antar ketiganya dalam menangani perbaikan drainase," ucapnya.
 
Nenie menilai hal tersebut harus segera dilakukan mengingat saat ini di Kota Palangka Raya masih kerap terjadi hujan lebat yang membuat sejumlah wilayah menjadi tergenang banjir.
 
Untuk itu Pemerintah Kota Palangka Raya diminta segera menginventarisir lokasi-lokasi mana saja yang drainasenya perlu dilakukan perbaikan.
 
"Jangan nanti ketika sudah terjadi banjir baru sibuk mendata drainase yang harus diperbaiki. Kalau bisa mencegah, kan lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Falery Tuwan siap dampingi Fairid Naparin di Pilwalkot 2024
 
Lebih lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palangka Raya ini juga berharap kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihan drainase yang ada di daerah ini.
 
Pasalnya selama ini pihaknya banyak mendapatkan laporan terkait adanya kios-kios maupun rumah toko yang dengan sengaja menutup drainase dengan beton untuk memperluas wilayah parkir.
 
"Ini kan bisa membuat drainase menjadi tidak berfungsi dengan baik. Pemerintah harus bisa menginspeksi hal ini, tindak tegas dan jangan dibiarkan," demikian Nenie Adriati Lambung.
 
Baca juga: 2 hari pencarian, Tim SAR temukan korban perahu terbalik di Sungai Katingan

Baca juga: Disdik Palangka Raya gelar O2SN 2024 tingkat SD-SMP sederajat

Baca juga: Sigit: Pilkada 2024 di Palangka Raya harus berjalan damai
 

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024