Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai berbagai potensi sebaran kabar bohong atau hoaks maupun ujaran kebencian menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
"Salah satu yang perlu diwaspadai dalam setiap pesta demokrasi di tengah pesatnya digitalisasi dan media sosial, adalah rawan terjadi penyebaran hoaks dan ujaran kebencian berbau SARA, yang berpotensi menimbulkan polarisasi yang dapat memecah belah keutuhan masyarakat," tegasnya di Palangka Raya, Kamis.
 
Hal itu dia sampaikan di sela pembukaan Diskusi Publik Jelang Pilkada Tahun 2024, mengusung tema "Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024". Turut hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry CH Bangun.
 
Oleh karena itu, Edy Pratowo meminta semua pihak tidak terpengaruh ataupun terprovokasi dengan hal-hal semacam itu apalagi saat membuka berbagai media sosial.
 
Dia pun menekankan di sini menjadi peran penting insan pers, termasuk yang tergabung dalam PWI yang sebagian besar wartawan anggotanya sudah kompeten.
 
"Pers memiliki peran sangat strategis dalam menangkal dan mengklarifikasi hoaks tersebut, serta mengedukasi masyarakat untuk selalu mengedepankan saring sebelum sharing," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng berdayakan peternak lokal sediakan sapi kurban untuk Idul Adha 2024
 
Lebih lanjut Edy Pratowo menekankan, Pilkada 2024 merupakan pesta demokrasi yang patut disambut dengan penuh kegembiraan. Melalui pelaksanaannya masyarakat dapat memilih
pemimpin-pemimpin terbaik bagi keberlanjutan dan kemajuan pembangunan.
 
Untuk itu dia mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 27 November 2024. Sebab satu suara juga menentukan masa depan pembangunan di seluruh wilayah Kalimantan Tengah dalam lima tahun ke depan.
 
Sementara itu Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun mengatakan kegiatan diskusi publik ini sangat penting agar Pilkada 2024 bisa berhasil dan terpilih kepala daerah yang akan membawa kemajuan bagi daerahnya masing-masing.
 
"Selain itu, partisipasi masyarakat akan sangat tinggi apabila pers menjalankan tugasnya dengan baik, informasi-informasi seperti tahapan-tahapan Pilkada dan rekam jejak masing-masing calon sangat penting untuk diberitahukan kepada khalayak," tambahnya.

Baca juga: Wagub Kalteng: Idul Adha momen tingkatkan kepedulian & saling berbagi ke sesama

Baca juga: Dishanpang Kalteng sediakan pangan strategis bersubsidi dalam Gerakan Pangan Murah di Bartim

Baca juga: Pemprov Kalteng berencana bangun pusat olahraga di Kotim

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024