Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat akan memfokuskan pembangunan infrastruktur perdesaan pada tahun anggaran 2024 ini.

"Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tersebut difokuskan pada sejumlah desa yang telah dijanjikan penjabat bupati pada saat kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu," kata Kepala DPUPR Barito Selatan, Ita Minarni di Buntok, Sabtu.

Ia menerangkan, untuk janji penjabat bupati membangun infrastruktur pada saat kunjungan diawal tahun telah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2024.

"Untuk janji penjabat bupati saat kunjungan ke sejumlah desa di pertengahan tahun akan dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2024," terangnya.

Ia juga menyampaikan, untuk pembangunan infrastruktur yang dianggarkan pada APBD-P, pekerjaannya akan dilaksanakan melalui program karya bakti yang bekerja sama dengan TNI.

Dikatakannya, karya bakti itu dalam upaya mempercepat pembangunan infrastruktur di sejumlah desa yang masih tertinggal seperti menuju Desa Murung Paken, Kecamatan Dusun Selatan, Desa Maruga, Kecamatan Dusun Utara dan Desa Malungai, Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Baca juga: Bapemperda DPRD Barito Selatan bahas dua raperda

"Ini merupakan program dari penjabat bupati yang menginginkan agar janji-janjinya pada sejumlah desa yang dikunjunginya dapat terakomodir semua sebelum berakhir masa jabatannya pada 2025 mendatang," tambah dia.

Ia juga menyampaikan, untuk total pekerjaan proyek DPUPR pada tahun anggaran 2024 ini cukup besar yakni sebesar Rp361 miliar.

Menurut dia, dari jumlah tersebut, hampir Rp288 miliar difokuskan pada bidang infrastruktur yang terbagi atas bangunan gedung kantor-kantor yang kurang layak.

Kemudian, membangun infrastruktur jalan dan jembatan sesuai dengan arahan penjabat bupati saat berkunjung ke sejumlah desa serta melanjutkan pekerjaan proyek tahun sebelumnya.

Pihaknya juga sedang membangun jembatan dari Desa Tabatan menuju ke Desa Dadahup dan sudah dilakukan tender proyek dan  saat ini sedang dalam proses penandatanganan kontrak.

"Dengan terbangunnya jembatan tersebut, masyarakat yang selama ini menggunakan transportasi air bisa menggunakan akses jalan darat melalui jembatan tersebut menuju ke Dadahup," demikian Ita Minarni.

Baca juga: Legislator Barsel harapkan dinas terkait perhatikan kebersihan water front city

Baca juga: Pansus DPRD Barsel serahkan rekomendasi hasil pendalaman RPJPD kepada pemkab

Baca juga: Pemkab Barsel bersyukur jamaah haji tiba dengan selamat


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024