Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing mengharapkan pemerintah provinsi dapat fokus dalam membentuk generasi muda yang berdaya saing tangguh melalui pendidikan berbasis kompetensi.
 
"Karena generasi muda saat ini harus bisa menjawab panggilan ataupun tantangan perkembangan zaman yang kian tahunnya, semakin pesat sehingga ke depan generasi muda dapat terus berinovasi dalam membangun daerah," katanya di Palangka Raya, Rabu.
 
Dirinya menjelaskan, perlunya generasi muda untuk diberikan pendidikan berbasis kompetensi sehingga mereka memiliki keterampilan masing-masing di berbagai bidang.
 
Terlebih saat ini tantangan pekerjaan juga mengharuskan calon karyawan untuk memiliki keterampilan sebagai salah satu syarat dalam lowongan pekerjaan.
 
"Seseorang pintar dalam teori, belum tentu dia bisa menerapkannya pada saat berada di lapangan. Karena memang apa yang dihadapi di lapangan justru bisa saja berbeda dengan berbagai hal yang telah dipelajari," ucapnya.

Baca juga: Pelaku UMKM diminta jadikan Palangka Fair ajang unjuk kreativitas
 
Duwel menyampaikan perlunya ada keseimbangan pendidikan yang didapatkan oleh generasi muda sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia pekerjaan.
 
Untuk itu pemerintah provinsi diminta agar dapat turun ke sekolah-sekolah dan memberikan edukasi terkait program-program adanya pelatihan berbasis kompetensi.
 
"Karena memang jika informasi itu hanya dilakukan melalui media sosial, akan kurang tepat mengingat tidak semua daerah terjangkau oleh jaringan telekomunikasi sehingga perlu penyampaian secara langsung program dari pemerintah," ujarnya.
 
Lebih lanjut politisi asal PDI Perjuangan ini meminta kepada seluruh generasi muda agar dapat memiliki kesadaran diri untuk terus meningkatkan kemampuan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan.
 
Hal tersebut diyakini dapat menjadi bekal ke depan untuk dapat terus berkarya dan berinovasi di dunia kerja masing-masing maupun untuk membangun daerah.
 
"Melalui pendidikan berkualitas, pembinaan karakter yang kuat, dan pemberdayaan generasi muda, kita menciptakan fondasi yang kuat bagi perkembangan individu yang berkualitas, beretika, serta siap untuk menghadapi perubahan dan tantangan," demikian Duwel Rawing.

Baca juga: Jadikan pertanian dan perkebunan sebagai kekuatan perekonomian desa di Kalteng

Baca juga: NasDem-Hanura DPRD Gumas ingin nilai bantuan keuangan parpol dinaikkan

Baca juga: Satu orang caleg terpilih di Murung Raya mengundurkan diri

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024