Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palangka Raya Sigit Widodo mengatakan Atlet Kalimantan Tengah yang nantinya berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024  sekitar 50 persen berasal Palangka Raya.

"Kota Palangka Raya tentunya menjadi barometer penyumbang atlet terbanyak untuk PON Aceh-Sumut 2024 yang pelaksanaannya tinggal beberapa bulan saja lagi," kata Sigit usai pelaksanaan pelantikan pengurus KONI Kota Palangka Raya Masa Bakti 2024-2028 di Palangka Raya, Rabu.

Dia juga menuturkan, adanya permintaan dari KONI Kalteng yakni pembinaan atlet usia muda memang menjadi prioritas utama KONI Kota Palangka Raya. Dengan adanya pembinaan dari tingkat bawah terhadap atlet muda di daerah setempat, nantinya akan terjadi regenerasi karena ibu kota provinsi ini banyak melahirkan atlet yang berkualitas.

Munculnya bibit-bibit baru atlet dari Kota Palangka Raya, tidak lain tersedianya sarana prasarana penunjang olahraga yang tersebar di seluruh penjuru kota.

"Sarana prasarana olahraga di Kota Palangka Raya cukup lengkap, jadi tinggal mengkoordinir dengan Pengurus Kota (Pengkot) cabang olahraga bernaung di KONI kota agar maksimal pembinaan atletnya," ucapnya.

Baca juga: Tim anggar Kalteng uji coba ke Jawa Barat

Baca juga: Atlet di Palangka Raya diminta berlatih maksimal hadapi PON XXI Aceh

Baca juga: Atlet Anggar Kalteng tingkatkan porsi latihan hadapi PON Aceh-Sumut

Di lokasi yang sama, Penjabat Wali (Pj) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu saat menghadiri kegiatan pelantikan pengurus KONI Kota Palangka Raya tersebut mengatakan Pemerintah Kota Palangka Raya siap mendukung penuh program KONI setempat.
 
Tentunya dengan akan memberikan anggaran berkecukupan, bahkan pemkot melalui Dinas Budaya, Pariwisata dan Olahraga (Disbudpora) selalu melaporkan kegiatan KONI ke Pemkot.

Baca juga: Atlet Drumband Kalteng perkuat daya tahan tubuh jelang PON Aceh-Sumut

Baca juga: PASI Kalteng targetkan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024

Baca juga: Panahan cabang olahraga unggulan Kalteng di PON 2024

"Terpenting itu komunikasi, keharmonisan dan sinergisitas harus selalu dijaga karena Kota Palangka Raya ikon penyumbang atlet PON harus dipertahankan," beber Hera.

Di acara yang sama pula Ketua KONI Kalteng Rahmat Hidayat juga meminta kepada Pengurus KONI Palangka Raya agar terus tingkatkan tradisi pembinaan atlet muda yang selama ini telah dilaksanakan.

"Kalteng mengikuti 21 cabang olahraga di PON Aceh-Sumut 2024 nantinya. Bahkan yang lolos ke PON para atletnya kebanyakan pembinaannya melalui KONI kota Palangka Raya," demikian Rahmat Hidayat.

Baca juga: Takraw Putri Kalteng jajal kemampuan atlet tiga daerah jelang PON

Baca juga: Atlet Pencak Silat PON Kalteng training camp tiga bulan di Malang

Baca juga: Hadapi PON 2024, Atlet Panahan Kalteng uji coba ke Yogyakarta
 

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024