Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 kategori Madya dari Pemerintah Pusat.
 
"Penghargaan tersebut merupakan bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam memberikan akses pelayanan kesehatan merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana di Pangkalan Bun, Sabtu.
 
Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai cakupan kesehatan semesta bagi masyarakat.
 
Tengku Ali menjelaskan, Universal Health Coverage (UHC) merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial. 
 
"Di Indonesia, UHC ini diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)," jelasnya.

Baca juga: Damkar Kobar keluhkan kerumunan warga hambat kerja petugas

Adapun pada 2024 ini, kepesertaan JKN yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024 sedikitnya sebesar 98 persen dari total populasi.
 
Dia mengatakan, pencapaian yang berhasil diraih ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah daerah dalam meningkatkan layanan kesehatan di kabupaten Kobar.
 
"Upaya ini mencakup penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai, peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan, serta pelaksanaan program-program kesehatan yang inklusif," ucapnya.
 
Tengku Ali mengatakan, pihaknya terus berkomitmen dalam melaksanakan program-program lanjutan yang ada, agar pelayanan kesehatan di kobar lebih baik lagi.
 
"Kami berkomitmen untuk terus melanjutkan program-program yang telah berjalan dengan baik, serta terus berinovasi dalam menghadirkan layanan kesehatan dan mencapai cakupan kesehatan semesta yang lebih optimal di masa mendatang," demikian Tengku Ali Syahbana.

Baca juga: Pemkab terus tingkatkan pemahaman generasi muda terhadap sejarah kesultanan di Kobar


Baca juga: Kobar tingkatkan koordinasi hadapi ancaman karhutla


Baca juga: Ini pesan Penjabat Bupati Kobar kepada calon Paskibraka

Pewarta : Safitri RA
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024