Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan dan menekankan pentingnya mengenal sekaligus memahami sejarah Kesultanan di wilayah setempat, kepada para generasi muda.

Asisten Administrasi Umum Pemkab Kobar Syahruddin di Pangkalan Bun, Kamis, mengatakan bahwa upaya itu bertujuan membuat masyarakat, terkhusus generasi muda, mengenal dan memahami identitas, asal usul, jati diri dan kepribadian bangsa melalui peristiwa sejarah.

"Termasuk membangun kesadaran historis tentang kesejarahan kesultanan di daerah kita tercinta ini," tambahnya.

Hal tersebut disampaikan Syahruddin saat dirinya usai membuka secara resmi Sosialisasi tentang Sejarah Kesultanan tingkat SD, SMP DAN SMA Kabupaten Kobar Tahun 2024, yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kobar.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Istana Kuning, dihadiri sebanyak 64 peserta yang terdiri dari seluruh pelajar SD, SMP dan SMA yang telah mendaftar kepada panitia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Alamsyah mengungkapkan, bahwa selain melaksanakan kegiatan sosialisasi sejarah pihaknya juga ini juga melaksanakan Festival Pantun Seloka dan Festival sejarah Kesultanan. 

Dua mengatakan bahwa saat ini Dinas Dikbud Kobar sedang mengupdate penyusunan Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) yang isinya merupakan hal-hal penting dan subtansi terkait kebudayaan yang ada di Kab. Kotawaringin Barat.

Baca juga: Kobar tingkatkan koordinasi hadapi ancaman karhutla

"Pelaksanaan festival Pantun Seloka di mulai pada tanggal 8-10 Agustus 2024. Sedangkan untuk Festival Sejarah Kesultanan dimulai pada tanggal 12-14 agustus 2024," kata dia.

Dirinya pun berharap melalui kegiatan tersebut kaum pelajar atau kaum generasi muda generasi milenial juga memiliki wawasan sejarah lokal.

"Terpenting lagi,  turut melestarikan budaya-budaya lokal yang salah satunya adalah berseloka atau berpantun," demikian Alamsyah.

Baca juga: Ini pesan Penjabat Bupati Kobar kepada calon Paskibraka

Baca juga: Perpustakaan SMAN 1 Pangkalan Bun wakil Kalteng ke tingkat nasional

Baca juga: Sidorejo raih juara pada lomba kelurahan provinsi, sertakan program unggulan


Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024