Pangkalan Bun (ANTARA) - Perpustakaan SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menjadi salah satu nominasi pada Klaster III sebagai wakil terbaik dari Provinsi Kalimantan Tengah dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Nasional Tahun 2024. 

Terpilihnya perpustakaan SMA Negeri 1 Pangkalan Bun mewakili Provinsi Kalimantan Tengah menjadi kebanggaan tersendiri bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kobar, kata Kepala Dispursip Kobar Rosihan Pribadi di Pangkalan Bun, Senin.

"Menjadi suatu kebanggaan bagi Dispursip kobar bahwa SMAN 1 Pangkalan Bun terpilih mewakili Provinsi Kalteng dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Nasional Tahun 2024 dan telah memasuki tahapan seleksi 6 besar nasional klaster III," ujarnya.

Rosihan mengatakan, dirinya yakin dari administrasi dan aktivitas perpustakaan SMAN 1 Pangkalan Bun sangat inovatif, kreatif dan menyebarkan literasi di lingkup warga sekolah dan masyarakat secara umum.

“Mudahan saja hal tersebut dapat menoreh prestasi yang gemilang untuk dunia perpustakaan dalam pengembangan literasi Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar tingkatkan sinergi dalam pemberantasan narkoba

Terdapat 30 perpustakaan sekolah/madrasah wakil terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang telah ditetapkan menjadi peserta lomba tingkat nasional yang terdiri dari 4 klaster.

Dia menjelaskan, lomba perpustakaan SMA/SMK/MA terbaik merupakan salah satu upaya Perpusnas RI untuk mewujudkan perpustakaan sekolah atau madrasah pada jenjang pendidikan SMA sederajat sebagai perpustakaan sekolah atau madrasah rujukan nasional. 

"Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perpusnas RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk mewujudkan Peran Perpustakaan SMA/SMK/MA sebagai perpustakaan rujukan bagi siswa dan guru dalam akses informasi dan pengetahuan untuk mendukung merdeka belajar dan kecakapan literasi," jelasnya .

Selain itu, hal itu juga sebagai upaya dalam mendukung kegemaran membaca dan mendukung implementasi kurikulum sekolah atau madrasah sesuai visi dan misi pendidikan secara nasional di Indonesia.

Baca juga: Ungkap perkara 22 pengedar narkotika di Kotawaringin Barat

Baca juga: Sidorejo raih juara pada lomba kelurahan provinsi, sertakan program unggulan

Baca juga: Pemkab Kobar lakukan berbagai upaya tingkatkan produksi padi


Pewarta : Safitri RA 
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024