Nanga Bulik (ANTARA) -
Festival Babukung Tahun 2024 yang dilaksanakan pada 8-10 Agustus 2024 sukses terlaksana dengan berbagai rangkaian kegiatan serta disaksikan masyarakat ataupun wisatawan.

"Festival Babukung 2024 telah terselenggara dengan baik dan ini merupakan kebanggaan masyarakat," terang Asisten Setda Lamandau Meigo mewakili Penjabat Bupati di Nanga Bulik.
 
Penutupan Festival Babukung diselenggarakan di alun-alun Kota Nanga Bulik. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pengumuman pemenang lomba yang dilaksanakan selama festival.

Baca juga: Empat Penjabat Bupati di Kalteng resmi dilantik

Baca juga: Berikut nama-nama Pj Bupati baru untuk empat kabupaten di Kalteng

Festival Babukung 2024 merupakan gelaran ke-9 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lamandau serta masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"Kita harap festival ini terus bertahan dan semakin berkembang. Kita upayakan kualitas penyelenggaraan dan materi dalam pelaksanaannya lebih ditingkatkan lagi," tuturnya.

Baca juga: Lomba mewarnai Luha sarana pengenalan budaya daerah
 
Kepala Dinas Pariwisata Lamandau Hendroplin Minsen Djaliwan mengatakan, ada sejumlah kegiatan selama pelaksanaan Festival Babukung.

Di antaranya karnaval budaya, lomba mewarnai, lomba fotografi, bahasa inggris, pentas musik etnik hingga pergelaran tari kreasi Babukung. 

Karnaval budaya, kategori Kecamatan yang berhasil meraih juara 1 adalah Batang Kawa, juara 2 Delang dan juara 3 Lamandau. Kemudian kategori Desa, juara 1 diraih Lopus, kedua Melata dan ketiga Benakitan.
 
Pentas musik etnik, juara 1 grup Lamancoustic, di bawah-umur ada grup Sandata, D'Sarumpun, Sanggar Seni Budaya Balai Tuha dan Mantaren Project.
 
Pagelaran tari kreasi Babukung, juara 1 Sanggar Benyawai Raya Desa Benakitan, juara 2 Sanggar Riam Batuah Desa Samu Jaya, juara 3 Kecamatan Sematu Jaya dan juara 4 Sanggar Dara Sarumpun.

Baca juga: Festival Babukung 2024 raih penghargaan MURI

Baca juga: Festival Babukung 2024 pacu perkembangan pariwisata dan ekraf

Pewarta : Yansyah/Arif Hidayat
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024