Palangka Raya (ANTARA) - Ketua sementara DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery menilai bahwa pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum telah memberikan kinerja terbaik dalam menyelesaikan seluruh tahapan pesta demokrasi, hingga dilantiknya anggota legislatif periode baru.

"Pelantikan kemarin tidak lepas dari kerja keras pemerintah, KPU, Bawaslu, KPPS, yang telah melaksanakan dan mengawal tahapan Pemilu dengan sangat baik,” katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia pun menyebut pelantikan yang telah dilakukan sesuai jadwal, membuktikan bahwa seluruh tahapan pemilu tahun 2024, khususnya di Palangka Raya terlaksana dengan baik, sehingga tidak ada agenda yang terganggu.

Politikus Partai Golkar ini mengaku bersyukur karena kegiatan pesta demokrasi kemarin berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan keamanan.

"Artinya pesta demokrasi kemarin tentu memberikan warna di dalam masyarakat sehingga bisa menghasilkan anggota legislatif yang amanah," ucapnya.

Khemal melanjutkan, hal tersebut tidak lepas dari peran aktif pemerintah dan aparat penegak hukum yang telah menciptakan suasana yang kondusif, sehingga pemilu dapat terlaksana dengan baik, aman, jujur dan adil.

Meski begitu, dirinya mengakui bahwa pada pemilihan umum kemarin terdapat beberapa perbedaan yang terjadi di kalangan masyarakat, tetapi dirinya bersyukur hal tersebut tidak membuat kericuhan.

"Pesta demokrasi kita memang beda pilihan, beda dukungan, tapi kemarin tidak terdengar gangguan. Ya, ini membutikan bahwa masyarakat Palangka Raya sudah sangat cerdas menyikapi pemilihan," ujarnya.

Baca juga: Baru dilantik, Legislator Palangka Raya siap perjuangkan aspirasi masyarakat di massa jabatannya

Anggota DPRD Palangka Raya yang kembali terpilih di periode 2024-2029 itu mengatakan, saat ini pihaknya masih harus menyelesaikan sejumlah agenda penting sebagai tindak lanjut pelantikan periode baru. Dalam waktu dekat ini akan diagendakan rapat pembahasan pembentukan Fraksi, penyusunan tata tertib, hingga pembahasan alat kelengkapan dewan.

Kendati saat ini seluruh alat kelengkapa dewan belum terbentuk, namun Khemal memastikan bahwa tugas dan fungsi lembaga DPRD tidak akan terganggu. Pihaknya tetap akan mengawal dan mengawasi seluruh kegiatan dan anggaran pemerintah.

"Kami juga akan menyelesaikan agenda periode sebelumnya yang sekarang dibahas. Jadi ini semua sambil berjalan saja, disatu sisi kita juga membentuk alat kelengkapan, dan disisi lain pengawasan tetapi dijalankan," demikian Khemal Nasery.

Baca juga: Satpol PP Palangka Raya jaring 12 pelajar bolos sekolah

Baca juga: Swiss-Belhotel Danum hadirkan sajian kuliner 'Gelora Rasa Nusantara'

Baca juga: Swiss-Belhotel Danum hadirkan promo kamar spesial kemerdekaan

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024