Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menyosialisasikan Katalog Elektronik (e-katalog) dan pelatihan, sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022.

Sekda Barito Timur Panahan Moetar di Tamiang Layang, Kamis, mengatakan bahwa dalam Inpres itu secara garis besar percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, termasuk produk usaha mikro dan usaha kecil (UMKM), dan koperasi lokal.

Hal tersebut juga dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa lingkup pemerintah setempat.

"Ini juga momentum penting untuk mempertemukan para pelaku pengadaan dan pelaku usaha di Bartim," tambahnya.

Dikatakan, dalam upaya mendukung Inpres No.2/2022, Pemkab Bartim bekerja sama dengan pelaku usaha untuk mengembangkan fasilitas katalog elektronik, khususnya etalase katalog lokal bagi pelaku usaha kecil dan mikro di Kabupaten Barito Timur..

Panahan juga menjelaskan e-katalog atau katalog elektronik merupakan inovasi teknologi yang sangat berharga dalam pengelolaan data dan informasi. E-katalog dikembangkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia.

"Adanya e-katalog, , pemerintah daerah dapat mengelola data secara lebih efisien, akurat, dan terstruktur sesuai dengan ketentuan Perpres No. 16 Tahun 2018," kata dia.

Baca juga: Barito Timur memerlukan gudang Bulog sebagai penyangga IKN

Selain itu, upaya nyata dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam penggunaan teknologi informasi di tingkat kabupaten.

Untuk itu, melalui sosialisasi ini, Sekda Bartim ini pun mengharapkan pelaku usaha maupun pejabat lainnya memahami tentang sistem katalog elektronik.

Untuk diketahui, sosialisasi e-katalog dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Instansi Vertikal, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Asosiasi Pengusaha Barang dan Jasa, serta para pelaku usaha barang dan jasa di Kabupaten Barito Timur.

"Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini," demikian Panahan Moetar.

Baca juga: Inspektorat Bartim dorong peningkatan kualitas penyusunan SAKIP 2024

Baca juga: Enam OPD Pemkab Bartim raih nilai terbaik hasil evaluasi internal AKIP 2024

Baca juga: Pj Bupati ajak masyarakat Bartim lebih aktif memajukan tradisi Nariuk


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024