Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalteng memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap terjaga selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa Polda Kalteng telah menyiapkan berbagai strategi dan langkah untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pilkada berlangsung hingga pada pelaksanaan pencoblosan di 27 November 2024.

"Dari berbagai strategi sudah kami siapkan dalam melakukan pengamanan, sehingga pilkada tahun ini benar-benar bisa berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada gangguan seperti yang kita khawatirkan," kata Erlan Munaji.

Baca juga: Kapolda: Jadilah Polwan yang bermanfaat bagi masyarakat Kalteng

Ia juga menuturkan, bahwa Polda Kalteng dalam melakukan pengamanan pilkada serentak tersebut juga bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait, seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan TNI, untuk memastikan pelaksanaan pilkada berjalan dengan aman, tertib dan demokratis.

"Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada 2024. Meskipun ada gangguan kamtibmas, masyarakat agar segera dapat melaporkan ke pihak kepolisian terdekat untuk diantisipasi secepat mungkin," katanya.

Baca juga: Polda Kalteng deteksi secara dini gangguan kamtibmas di Pilkada 2024

Ditambahkan perwira Polri berpangkat melati tiga itu, Polda Kalteng juga telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya konflik dan gangguan keamanan selama tahapan Pilkada 2024, seperti melakukan patroli rutin, sosialisasi kepada masyarakat dan meningkatkan komunikasi dengan tokoh masyarakat.

Maka dari itu, seluruh masyarakat Kalteng diimbau agar untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban apalagi di masa-masa pilkada yang sangat rentan terjadi.

Baca juga: Polda gelar OPM Telabang 2024 untuk amankan Pilkada serentak 2024 di Kalteng

"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada 2024, agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga lahirlah pemimpin yang amanah dan sesuai pilihan rakyat," demikian Erlan Munaji.

Dari pantauan di lapangan, puluhan personel Polda Kalteng bersiaga menjaga kantor KPU dan Bawaslu Kalteng yang ada di Palangka Raya. Penjagaan tersebut agar memberikan rasa aman baik itu pegawai KPU dan Bawaslu yang sedang melaksanakan tugas sebagai penyelenggara dan pengawas pilkada tahun ini.

Baca juga: Wakapolda Kalteng pastikan kesiapan Kotim hadapi Pilkada

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024