Muara Teweh (ANTARA) - Warga Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Hermadi (46) mengakui dengan adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai wujud hadirnya negara dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat. 

"Akses layanan kesehatan bagi masyarakat semakin mudah, hal inilah yang saya rasakan," kata Hermadi kepada Petugas BPJS SATU (Siap Membantu) di depan Poli Penyakit Dalam RSUD Muara Teweh,Selasa.

Dia terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) di salah satu instansi di Muara Teweh. Dirinya mengatakan kemudahan layanan JKN dirasakan dari tingkat pertama hingga tingkat lanjutan.

“Beberapa kali saya menggunakan layanan JKN, sangat memudahkan kami dalam pengobatan, semua proses dan alur layanan tidak ada mempersulit sama sekali selama kita paham dan tau prosedurnya,” ucapnya.

Beberapa hal yang penting untuk diketahui oleh dirinya sebagai peserta JKN, menurutnya adalah terkait dengan sistem rujukan dan pelayanan yang dijamin maupun tidak dijamin.

“Saat ini saya sedang menemani bapak mertua berobat di RSUD Muara Teweh, sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan di Puskesmas Lahei I sebagai fasilitas kesehatan pertama terdaftarnya, dengan memahami sistem rujukan ini, pengobatan juga dapat bertahap dan dilakukan berjenjang sesuai dengan pemeriksaan dan kondisi medis pasien,” tambahnya lagi.

Untuk memastikan pengobatan yang dijalani dapat sepenuhnya dijamin dari Program JKN, Hermadi juga mengatakan perlunya konsultasi dengan dokter dan perawat yang menangani pengobatan.

“Kalau saat pemeriksaan juga kita konsultasi untuk setiap tindakan, perawatan apa saja yang diperlukan sampai obat-obatan juga kita tanyakan, yang pasti jangan sampai atas permintaan sendiri dan tidak sesuai dengan indikasi medis pasien agar penjaminan dapat sepenuhnya dijamin dan sesuai prosedur dari Program JKN,” jelasnya.

Berbicara masalah pelayanan, Hermadi juga merasakan layanan JKN di RSUD Muara Teweh sudah memuaskan.

“Pelayanan di RSUD Muara Teweh juga cepat, tempatnya nyaman dan bersih, dokter dan perawat yang melayani juga ramah, memuaskan lah intinya,” kata dia.
 

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024