Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur Willy Midel Yoseph (WMY) akan berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Habib Ismail untuk Pilkada Kalimantan Tengah (Kalteng) 2024.

Willy Midel Yoseph dikabarkan hengkang dari kader PDI-P dan sedang proses pengunduran diri dari fraksi DPR-RI PDI-P, WMY maju pilkada dengan tiga partai pengusung yaitu Nasdem, PKB dan PBB.

Berikut adalah profil singkat dari Willy Midel Yoseph.

Pendidikan

Latar belakang pendidikan WMY adalah Sarjana Kehutanan (Ir.) diraih dari Universitas Lambung Mangkurat pada Program Studi Teknologi Hasil Hutan pada tahun 1985.

Pada tahun 1993, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana pada Sekolah Tinggi Manajemen PPM di Jakarta. Ia menamatkan pendidikannya pada tahun 1995 dengan hasil sangat memuaskan dan menyandang gelar Magister Manajemen (M.M.).

Perjalanan karier 

Sejak tamat dari Fakultas Kehutanan WMY mulai meniti karier di sektor usaha (swasta) hingga akhirnya pada tahun 1987, ia mulai terjun ke dunia politik. Karier politiknya diawali dengan bergabungnya WMY denganDPD Golkar Maluku dan pada tahun 1999 resmi bergabung menjadi Anggota PDI Perjuangan Jakarta Barat.

Karier politiknya terus berlanjut dengan perannya menjadi fungsionaris struktural partai pada DPD PDI-Perjuangan Kalimantan Tengah tahun 2000 sebagai Wakil Sekretaris.

Ia juga pernah menjabat sebagai ketua partai PDI-P periode 2001-2006 dan pada bulan Desember 2002 direkomendasikan menjadi Calon Tunggal untuk menjadi Kepala Daerah Murung Raya Tahun 2003 - 2008 dan berhasil menjabat kembali sebagai bupati periode 2008-2013. Ia juga menjabat Komisi VII DPR RI 2019-2024 Fraksi PDI Perjuangan.

Kehidupan pribadi 

Willy merupakan anak ke 5 dari 11 bersaudara, Ayahnya bernama Midel Yoseph yang merupakan mantan Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara beberapa periode.

Sejak kecil ia dibesarkan dalam lingkungan Adat Istiadat Suku Dayak Siang sehingga melahirkan kepribadian yang sangat kental dengan adat istiadatnya. Pernikahannya dengan istri pertama Yanita dan istri kedua Netty Susanto dikaruniai empat orang putra dan putri, yaitu:
  1. Billa Aura Jelitha, lahir di Jakarta, anak dari Yanita M
  2. Purca Rio Willy Yoseph, lahir di Jakarta
  3. Saritha Putri Murung Raya, lahir di Surabaya
  4. Sansana Ruth Putri Willy Yoseph, lahir di Palangka Raya

Pewarta : Allisa Luthfia
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024