Muara Teweh (ANTARA) - Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Barito Utara mengikuti kegiatan pembukaan orientasi anggota DPRD kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah Tahun 2024 di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat di Palangka Raya, Selasa.

Kegiatan orientasi berlangsung dalam lima angkatan dengan total peserta mencapai 385 orang. Setiap angkatan terdiri dari beberapa daerah. Angkatan ke-III, yang dilaksanakan pada 17-20 September 2024, diikuti tiga kabupaten yaitu anggota DPRD dari Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan dan Lamandau.

Dalam kegiatan orientasi tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo, Plh Sekda Kalteng Katma F Dirun, unsur pimpinan DPRD Kalteng, serta sejumlah kepala perangkat daerah lainnya.

Kegiatan orientasi ini diadakan dengan tujuan memperkuat pemahaman dan meningkatkan kapasitas anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwakilan rakyat. Melalui orientasi ini, para anggota DPRD diharapkan dapat lebih optimal dalam menjalankan fungsi pengawasan, legislasi, dan penganggaran di daerah masing-masing.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya menekankan pentingnya peran DPRD dalam mendukung pembangunan di daerah, serta pentingnya koordinasi antara eksekutif dan legislatif. 

“Orientasi ini menjadi momentum bagi para anggota DPRD untuk meningkatkan kapasitasnya, sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara lebih tepat sasaran,” katanya.

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini yang mewakili peserta penyematan tanda peserta oleh gubernur setelah acara pembukaan menuturkan, bahwa dalam kapasitas selaku pimpinan sementara mengajak seluruh anggota DPRD Barito Utara periode 2024-2029 baik yang baru pernah menjadi anggota maupun yang sudah pernah menjadi anggota DPRD agar dapat mengikuti seluruh rangkaian orientasi. 

Hal ini, kata Mery, sangat penting guna menunjang pelaksanaan tugas melalui pemahaman peraturan dan ketentuan yang dinamis berubah dari waktu-waktu. 

“Dengan adanya orientasi ini, diharapkan anggota DPRD Barito Utara dapat lebih siap dan sigap dalam menjalankan tugasnya, sekaligus membawa aspirasi masyarakat ke dalam kebijakan yang lebih konkret,” kata Mery Rukaini.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024