Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Patih Herman AB mendukung dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi tanggap darurat bencana diikuti 36 Ketua RT se-Kelurahan Lanjas serta Karang Taruna Lanjas serta RMPB.

“Pelatihan tanggap bencana merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman dalam menghadapi bencana baik bencana kebakaran hutan dan lahan, bencana kebakaran pemukiman dan bencana banjir,” kata Patih Herman AB di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, pelatihan tanggap bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang berbagai jenis bencana dan cara penanggulangannya, membentuk kelurahan/desa yang tangguh bencana dengan sistem manajemen bencana yang baik serta mendorong partisipasi dalam kegiatan mitigasi dan penanganan bencana. 

Patih Herman yang akrab dipanggil Atink ini juga menyampaikan dalam pelatihan tanggap bencana biasanya meliputi pengantar kebencanaan, seperti jenis-jenis bencana, penyebab dan dampaknya. 

"Sosialisasi ini juga akan diberikan teknik evakuasi dan pertolongan pertama, manajemen posko bencana, penggunaan alat dan peralatan penanggulangan bencana," katanya. 

Dia berharap setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini agar para Ketua RT se-Kelurahan Lanjas bisa menyampaikan materi-materi dan prakteknya kepada masyarakat tentang cara-cara melaksanakan tanggap bencana kepada masyarakat agar ke depannya masyarakat bisa terlatih dan tidak panik dalam menghadapi bencana yang datang. 

“Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini dan berharap agar ke depannya kegiatan seperti ini dapat dilakukan dengan rutin sebagai komitmen kita bersama dalam peningkatan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam melaksanakan tanggap bencana di Kabupaten Barito Utara ini  khususnya di Kelurahan Lanjas,” ujar Atink.
 

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024