Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Hermanto mengapresiasi pemerintah pusat yang memberi insentif kepada 24 desa di kabupaten setempat karena berkinerja baik.
 
“Dengan adanya insentif tersebut, saya harap pemerintah desa se-Gumas semakin terpacu meningkatkan kinerja,” ucap politisi Partai NasDem itu saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Senin.
 
Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan I meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun itu yakin pemerintah desa se-Gumas tetap bekerja dengan sungguh-sungguh, terlepas dari ada atau tidak ada insentif dari pemerintah pusat.
 
Kendati demikian, keberadaan insentif tentu memiliki arti tersendiri dan diyakini membuat pemerintah desa di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ semakin terpacu meningkatkan kinerja mereka.
 
Oleh sebab itu, pria kelahiran Desa Penda Pilang Kecamatan Kurun itu berharap insentif tersebut tetap ada di tahun-tahun selanjutnya, demi memacu kinerja pemerintah desa.
 
“Bagi desa yang mendapat insentif pusat saya ucapkan selamat. Bagi desa yang belum mendapat, saya harap tidak berkecil hati dan harus terpacu meningkatkan kinerja, supaya ke depan bisa dapat,” kata pria yang akrab disapa Sigoi itu.

Baca juga: Kades dan lurah se-Gumas berikrar netral di Pilkada 2024
 
Di sisi lain, dia juga meminta kepada pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, agar terus mengawasi, membimbing dan membina pemerintah desa, supaya ke depan kinerja pemerintah desa semakin meningkat.
 
Diberitakan sebelumnya, sebanyak 24 desa yang tersebar di berbagai kecamatan di Gumas mendapat tambahan insentif desa dari pemerintah pusat, karena berkinerja baik.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas Yulius melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Inda Setio Wahono mengatakan masing-masing desa mendapat insentif desa sekitar Rp120 juta.
 
Adapun 24 desa yang mendapat insentif desa 2024 yakni Tampelas di Kecamatan Sepang, Tumbang Empas dan Rangan Tate di Kecamatan Mihing Raya, serta Tanjung Riu, Teluk Nyatu, Tewang Pajangan, Tumbang Tariak, Tumbang Miwan, Pilang Munduk, Penda Pilang, dan Tumbang Tambirah di Kecamatan Kurun.
 
Sangal di Kecamatan Rungan Hulu, Tumbang Jutuh, Tumbang Malahoi, Tumbang Bunut, Parempei, Bereng Malaka, dan Karya Bhakti di Kecamatan Rungan, serta Tumbang Mantuhe di Kecamatan Manuhing Raya.
 
Selanjutnya Upon Batu di Kecamatan Tewah, Dandang di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, serta Tumbang Masukih, Tumbang Lapan, dan Tumbang Koroi di Kecamatan Miri Manasa.

Baca juga: KPU Gumas tetapkan 89.540 pemilih masuk DPT Pilkada 2024

Baca juga: Kalteng Bermazmur di Gumas momentum perkokoh kerukunan antarumat beragama

Baca juga: Air Terjun Batu Mahasur sumbangkan PAD untuk Gunung Mas

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024