Palangka Raya (ANTARA) - Ketua sementara DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery meminta seluruh masyarakat di daerah ini agar dapat waspada terhadap kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang akhir-akhir ini kerap terjadi.

"Kabut asap dapat membahayakan kesehatan, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, dan penderita penyakit pernapasan. Jadi kita harus waspada ketika hendak keluar rumah," katanya di Palangka Raya, Senin.

Dirinya menjelaskan, bahwa penting bagi masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, terutama ketika kabut asap tebal.

Dirinya mengungkapkan, bahwa masker dapat membantu menyaring partikel berbahaya yang terkandung dalam asap dan mencegah penyakit pernapasan seperti ISPA.

"ISPA ini sangat berbahaya bagi kita, karena tentu penyakit ini bisa menyebabkan serangkaian komplikasi jika tidak mendapatkan perawatan secara tepat," ucapnya.

Baca juga: Legislator sebut pilkada tidak mengganggu pelayanan publik

Namun Khemal meyakini bahwa masyarakat Kota Palangka Raya memiliki bekal dan pengetahuan dalam menghadapi berbagai musim yang ada di daerah ini.

Dirinya mencontohkan, seperti musim kemarau yang kerap terjadi karhutla dan pada musim hujan kerap terjadi banjir di setiap sudut Kota Palangka Raya.
 
"Meskipun sudah terbiasa menghadapi berbagai musim, kita tetap harus waspada dan proaktif dalam mengantisipasi potensi bencana. Pemerintah Kota Palangka Raya bersama seluruh stakeholder terus berupaya untuk meminimalisir dampak bencana dan memberikan edukasi kepada masyarakat," ujarnya.

Untuk itu legislator Partai Golkar ini juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla.

Dirinya juga meminta seluruh masyarakat agar dapat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi berbagai musim, masyarakat diminta agar dapat mengikuti arahan dan kebijakan pemerintah serta menjaga kesehatan agar dapat melewati masa-masa sulit ini dengan baik.

"Kita harus selalu siap siaga dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi Kota Palangka Raya. Dengan kerja sama dan gotong royong, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan nyaman bagi seluruh warga," demikian Khemal.

Baca juga: Fairid-Zaini siap wujudkan Palangka Raya keren

Baca juga: Rojikinnor-Vina bertekad tingkatkan kesejahteraan guru

Baca juga: Ketua BSNPG-AMPG Golkar siap amankan suara dan saksi pilkada se-Kalteng

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024