Kuala Kapuas (ANTARA) - Kebakaran lahan kembali terjadi di Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (25/9) malam.

“Sekitar dua hektare lahan kosong dilaporkan terbakar yang terjadi sekitar pukul 19.00 WIB,” kata Kepala Desa Tumbang Mangkutup, Suriato di Kuala Kapuas, Kamis.

Menurut laporan warga desa setempat, api mulai terlihat pada malam hari dan dengan cepat meluas karena kondisi cuaca yang panas dan angin kencang.

Warga bersama tim pemadam kebakaran desa setempat, segera bergerak untuk memadamkan api. Proses pemadaman tidak mudah karena akses menuju lokasi lahan yang terbakar cukup sulit dijangkau oleh kendaraan pemadam.

Tim pemadam kebakaran terpaksa menggunakan peralatan manual seperti pompa air portabel dan membuat sekat-sekat api untuk mencegah kebakaran meluas ke area lain.

“Lokasi kebakaran tidak jauh dengan camp Riset Orang Utan Mawas Tuanan,” katanya.

Baca juga: Badan Kesbangpol dukung penuh Pilkada Kapuas berjalan kondusif

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut, namun dugaan sementara mengarah pada faktor kesengajaan, mengingat beberapa kebakaran lahan di wilayah ini sering kali dipicu oleh aktivitas pembukaan lahan.

“Untuk saat ini api dapat kami padamkan dan aman terkendali walaupun mengingat kondisi kebakaran lahan cukup sulit dijangkau, namun tim tetap semangat untuk memadamkannya,” kata dia.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan, baik untuk keperluan pertanian maupun lainnya, karena dapat menimbulkan risiko kebakaran yang lebih luas.

Selain itu, aparat setempat juga akan meningkatkan patroli dan pengawasan di wilayah rawan kebakaran untuk mencegah kejadian serupa terulang. Kebakaran ini menjadi pengingat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah kerusakan lebih lanjut akibat pembakaran liar.

“Kejadian ini sudah kami laporkan kepada kecamatan untuk diketahui terhadap kebakaran yang terjadi,” demikian Suriato.

Baca juga: Pemkab Kapuas-KND RI kolaborasi pemenuhan hak disabilitas

Baca juga: Kapolres ajak peserta Pilkada Kapuas 2024 jaga daerah tetap kondusif

Baca juga: Berikut nomor urut lima paslon peserta Pilkada Kapuas 2024


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024