Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) berupaya agar layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) bisa segera masuk ke Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru.
 
“Dalam rangka memantapkan objek wisata unggulan Tahura Lapak Jaru, DLHKP akan mengupayakan pengembangan jaringan listrik ke tahura,” ucap Kepala DLHKP Gumas Rody Aristo melalui Kepala Bidang Tahura Columbus saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.
 
Dia menjelaskan, Lapak Jaru merupakan tahura pertama yang ada di Kalteng. Namun hingga saat ini tahura tersebut belum terlayani listrik PLN maupun jaringan komunikasi.
 
Oleh sebab itu, DLHKP Gumas berupaya agar pembangunan jaringan listrik PLN ke Tahura Lapak Jaru bisa segera terealisasi, sebagai upaya pengembangan sarana dan prasarana, mengingat tahura merupakan salah satu objek wisata unggulan kabupaten setempat.
 
Pemkab Guma telah melakukan salah satu langkah awal untuk mewujudkan hal itu, di mana Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden didampingi perangkat daerah terkait melakukan audiensi dengan PLN, di Kuala Kurun, Selasa (24/9).

Baca juga: Tiga desa di Gumas ditetapkan jadi percontohan anti korupsi
 
Saat itu PLN sekaligus berkoordinasi terkait survei potensi sarana dan prasarana di Tahura Lapak Jaru, terkait sambungan jaringan listrik. PLN juga mengkaji pengembangan pembangunan jaringan listrik ke tahura.
 
Dalam pengembangan jaringan listrik ke Tahura Lapak Jaru, PLN menyiapkan opsi penganggaran pembangunan jaringan sebesar 80-250 kilo volt ampere, dengan jarak jaringan yang dibangun kurang lebih lima kilometer dari jaringan terbangun saat ini.
 
Opsi tersebut meliputi penganggaran murni dari PLN, sharing dana pembangunan jaringan dengan Pemkab Gumas, dan semua penganggaran dari Pemkab Gumas. Tiga opsi tersebut nantinya akan dikaji terlebih dahulu oleh PLN.
 
Sebelumnya, Pj Bupati Gumas Herson B Aden memastikan bahwa dirinya mendukung penuh, upaya pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana (sarpras) penunjang objek wisata di Tahura Lapak Jaru.
 
Dia juga telah menyampaikan arahan terkait langkah-langkah dalam pengelolaan Tahura Lapak Jaru, demi kemajuan tahura pertama yang ada di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu.

Baca juga: KPU Gumas tetapkan lokasi pemasangan APK untuk Pilkada 2024

Baca juga: DPU Gumas beberkan progres pengerjaan rehabilitasi Jembatan Miwan

Baca juga: Legislator berharap Kalteng Bermazmur rutin diselenggarakan di Gumas

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024