Palangka Raya (ANTARA) - Peserta didik di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah disarankan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin agar daya tahan tubuhnya tidak mudah diserang penyakit, saat kondisi cuaca yang terkadang panas terkadang hujan.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Kamis, meminta kepada seluruh satuan pendidikan untuk terus mengingatkan dan mengedukasi peserta didiknya agar tidak mengkonsumsi makanan sembarangan ketika cuaca tidak menentu seperti sekarang ini.

"Perbanyak konsumsi buah-buahan, makanan bergizi dan tidak mengkonsumsi jajanan sembarangan dengan tujuan agar stabilitas peserta didik tetap stabil pada saat cuaca terkadang hujan, terkadang panas," kata Vico.



Menurut Vico, peran orang tua juga sangat penting dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka. Kondisi cuaca di Palangka Raya yang sering berubah, dari panas ke hujan, dapat memicu berbagai penyakit, terutama di kalangan anak-anak sekolah.

"Orang tua harus selalu memperhatikan cuaca di daerah kita yang sama-sama kita ketahui sendiri. Makanan anak-anak juga wajib dijaga, karena kondisi kesehatan mereka bisa menurun jika tidak ditangani dengan baik," bebernya.

Lebih lanjut, orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya tersebut mengingatkan, bahwa kesehatan peserta didik menjadi tanggung jawab bersama antara sekolah, orang tua, dan pihak terkait lainnya.

Edukasi mengenai gaya hidup sehat perlu terus ditingkatkan agar peserta didik dapat belajar dengan baik tanpa terganggu oleh masalah kesehatan. Bahkan mereka melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah juga tidak terganggu.

"Kegiatan pengawasan kesehatan dan pola makan di sekolah diharapkan dapat menjadi prioritas, terutama di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu, guna memastikan kelancaran proses pendidikan di Palangka Raya," ungkap Vico.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, Vico berharap apa yang selama ini dikhawatirkan tidak melanda para peserta didik yang berada di Kota Palangka Raya.

"Semoga apa yang kita khawatirkan tidak terjadi. Kalau terjadi kasihan mereka akan tertinggal mata pelajaran yang seharusnya mereka dapatkan setiap harinya dari guru-guru kelas mereka,' demikian Vico.

Baca juga: Disdik Palangka Raya berikan bantuan armada klotok bagi guru pinggiran kota

Baca juga: Peserta didik di Palangka Raya diminta jaga kesehatan selama musim kemarau

Baca juga: Disdik Palangka Raya sediakan dana hibah untuk sekolah yang terbakar

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024