Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis meresmikan minimarket Perusdamart RSUD Muara Teweh untuk memudahkan masyarakat atau para keluarga pasien yang dirawat di rumah sakit setempat untuk mencari kebutuhan.

“Harapan kita bersama yang utama adalah para keluarga pasien yang dirawat di RSUD Muara Teweh ini tidak perlu lagi repot untuk keluar RSUD mencari keperluan yang diperlukan oleh pasien maupun keluarga pasien,” kata Muhlis di Muara Teweh, Jumat 

Dia mengucapkan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Direktur Perusahaan Daerah Batara Membangun (PDBM) atas inovasi yang dilaksanakannya untuk mengembangkan bidang usaha dengan membuka minimarket perusdamart di RSUD Muara Teweh.

Diresmikan minimarket Perusdamart RSUD Muara Teweh ini, katanya, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari deviden penyertaan modal Pemkab Barito Utara melalui minimarket Perusdamart RSUD Muara Teweh ini. 

"Saya minta kepada jajaran Direktur Perusda Batara Membangun, jangan sampai di sini saja untuk mengembangkan bidang usahanya, tangkap potensi lain yang mana masyarakat tidak mampu berusaha di bidang usaha tersebut," kata Muhlis.

Perusda, kata Muhlis, dapat membuat peluang usaha dengan syarat harus menyerap tenaga lokal setempat, hal ini tujuannya adalah untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Barito Utara.

Direktur Perusda Batara Membangun Barito Utara Asianoor Alihazeki mengatakan kenapa Perusda Batara Membangun dimasukkan ke dalam kelompok Aneka Usaha, karena dalam usaha BUMD seperti Perusda Batara Membangun ada bermacam-macam jenis usaha dan PerusdaMart merupakan usaha yang kedelapan yang di buka.

“Alhamdulillah usaha-usaha sebelumnya semua berjalan dengan cukup baik dan telah menghasilkan laba dan telah menyubang PAD dari tahun 2014-2023 dan juga setiap tahun telah di audit oleh KAP Independen dengan kategori WTP berturut-turut,” kata Asianoor Alihazeki .

Selain itu, katanya, sesuai hasil penilaian kinerja dari BPKP untuk kinerja 2023 memperoleh skore 90 atau AA (Sehat). Semoga tahun ini dengan penambahan unit usaha baru prestasi tetap dapat dipertahankan bahkan harapannya lebih meningkat.

Dia mengatakan semakin memperkecil lapangan usaha yang berdampak semakin besarnya pengangguran di masyarakat dalam hal inilah PDBM disamping berusaha memperbesar usaha yang ada maka mau tidak mau suka tidak suka harus menciptakan usaha baru sekaligus mengupgrade SDM yang ada agar terus tumbuh dan berkembang dan menjadi yang terbaik diantara BUMD Aneka Usaha se-Kalteng.

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak  Nadalsyah bupati sebelumnya selaku pembina yang telah meletakkan dasar usaha BUMD ini sejak awal beliau menjabat Bupati Barito Utara, dengan kerja keras beliau dan diteruskan oleh Pj Bupati Barito Utara Muhlis dengan suportnya yang luar biasa kepada PDBM,” kata Asianoor.

Perusda Batara Membangun juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kejari Barito Utara yang telah memberikan suport kepada PDBM sejak  2014 sampai dengan sekarang di bidang hukum dan tata usaha negara dan dengan dasar MoU yang telah melakukan pendampingan hukum di setiap usaha baru sehingga PDBM walau tugasnya antara lain agar mendapatkan laba untuk PAD Pemkab tapi juga jangan sampai melanggar aturan hukum yang ada.

“Kepada Direktur RSUD Muara Teweh juga kami sampaikan ucapan terima kasih yang selama ini telah bekerja sama dengan PDBM, baik dalam hal kebutuhan bahan makanan pasien, oxygen, gas elpiji dan sekarang ini telah memberi kesempatan untuk kami membuka minimarket di lingkungan RSUD, semoga ibu Direktur RSUD selalu sehat,” kata dia.

Perusahaan Daerah Batara membangun adalah perusahaan daerah yang masuk ke dalam anggota Perdasi yaitu perkumpulan BUMD Aneka Usaha Seluruh Indonesia yang diakui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024