Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di daerah setempat.

“Pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Staf Ahli Bupati Barito Utara Dwi Agus Setijowati di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, dalam konteks negara demokratis seperti Indonesia, pemahaman yang baik tentang politik tidak hanya menjadi hak, tetapi juga kewajiban setiap individu. 

Dengan memahami seluk-beluk politik, katanya, dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Pendidikan politik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang aspek-aspek politik, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta cara berpartisipasi dalam kehidupan politik. 

“Dengan mengetahui aspek-aspek tersebut diharapkan dapat tercipta masyarakat yang lebih berdaya, demokratis, dan peka terhadap isu-isu yang ada,” kata Dwi Agus Setijowati membacakan sambutan Pj Bupati Muhlis.

Dia berharap sosialisasi pendidikan politik ini tidak hanya menjadi kegiatan formal, tetapi dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap politik dan mendorong mereka untuk berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Dengan demikian, akan tercipta masyarakat yang lebih cerdas, berdaya, dan peduli terhadap isu-isu sosial dan politik yang ada. Saat ini, kita telah memasuki tahapan dan jadwal pilkada serentak, yakni pelaksanaan kampanye pasangan calon,” jelasnya. 

Dia mengatakan, tidak lama lagi, tepatnya pada Rabu, tanggal 27 November 2024, akan melaksanakan pemungutan suara. 

“Saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak golput," kata dia.

Pemerintah daerah berharap agar pilkada dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan sukses. Mari dijaga ketertiban dan keamanan sebelum serta setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Pj Bupati Muhlis juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga terlaksananya acara sosialisasi pendidikan politik tahun 2024. 

“Semoga dengan acara sosialisasi pendidikan politik ini dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab di masa depan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapat generasi muda dapat siap untuk mengambil peran kepemimpinan di masyarakat,” kata dia.

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024