KPU Gumas terima ratusan kotak suara untuk Pilkada 2024

id KPU Gumas terima ratusan kotak suara untuk Pilkada 2024, kalteng, Gumas, Gunung Mas, pilkada, politik

KPU Gumas terima ratusan kotak suara untuk Pilkada 2024

Pegawai KPU Kabupaten Gumas menyimpan kotak suara di ruangan di kantor KPU setempat di Kuala Kurun, Selasa (8/10/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah kembali menerima logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, kali ini berupa kotak suara.

Anggota KPU Gumas Suwarsono di Kuala Kurun, Selasa, mengatakan bahwa kotak suara yang diterima sebanyak 93 dus dengan jumlah 462 buah.

"Kotak suara sebanyak 93 box (dus) dengan jumlah 462 buah tersebut kami terima di kantor KPU Gumas di Kuala Kurun pada hari ini, sekitar pukul 12.30 WIB," jelasnya.

Usai diterima, ratusan kotak suara tadi langsung dirakit oleh para pegawai. Selanjutnya kotak suara yang sudah selesai dirakit ditempatkan di ruangan yang aman di kantor KPU Gumas.

Dia menyebut, ratusan kotak suara tadi akan digunakan di 219 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 127 desa/kelurahan di 12 kecamatan. Ada juga yang akan digunakan saat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan.

Baca juga: Pemkab Gumas terus lakukan pembinaan dan pengawasan terhadap ormas

Dia menambahkan, selain bilik suara, sebelumnya KPU Gumas juga telah menerima berbagai jenis logistik, yakni segel, kabel ties, bilik suara, serta tinta.

"Saat ini KPU Gumas juga menunggu kedatangan logistik lainnya dari penyedia," paparnya.

Untuk diketahui, Pilkada Kalteng 2024 diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Adapun paslon nomor urut 1 adalah Willy M Yoseph-Habib Ismail, nomor urut 2 Nadalsyah-Supian Hadi, nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo, dan nomor urut 4 Abdul Razak-Sri Suwanto.

Sedangkan Pilkada Gumas 2024 diikuti dua paslon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing, dan nomor urut 2 Kusnadi B Halijam-Daldin.

KPU Gumas juga telah menetapkan 89.540 pemilih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Serentak 2024. Adapun rinciannya 47.006 pemilih laki-laki dan 42.534 pemilih perempuan.

Baca juga: 'Harubuh Manugal' pacu pemajuan kebudayaan daerah Gunung Mas

Baca juga: Pemkab Gunung Mas terus optimalkan penggunaan website MMC

Baca juga: Pemkab Gunung Mas buka pendaftaran 1.119 formasi PPPK