Sampit (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Rimbun turut melepas Kontingen Kotim untuk mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2024 dan berharap para atlet Kotim bisa berprestasi di ajang tersebut.

"Pastinya harapan dan doa kami para atlet muda Kotim dari kalangan pelajar ini bisa berprestasi di tingkat nasional, bahkan bukan hanya di Pra Popnas tapi tembus hingga Popnas di Aceh nantinya," kata Rimbun di Sampit, Senin.

Pelepasan Kontingen Kotim mengikuti Pra Popnas 2024 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kotim. Acara pelepasan tersebut dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sanggul Lumban Gaol.

Kontingen Kotim akan bergabung dengan atlet dari kabupaten/kota di Kalimantan Tengah untuk mengikuti Pra Popnas di Solo, Jawa Tengah yang dilaksanakan selama kurang lebih sepekan, yakni dari 11-18 November 2024. Perwakilan Kalimantan Tengah ini, masuk dalam zona tiga dan akan berlaga melawan Provinsi Jawa Tengah dan Bali.

Rimbun menuturkan, keikutsertaan Kotim dalam ajang nasional seperti ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengharumkan nama daerah. Oleh karena itu, ia berharap paling tidak 70 persen dari semua atlet Kotim yang ikut pada Pra Popnas bisa lolos hingga Popnas.

"Kami berharap paling tidak 70 persen atlet kita lolos sampai Popnas, bahkan kalau bisa 100 persen atau semuanya, sehingga peluang untuk mengharumkan nama daerah itu semakin tinggi," ucapnya.

Rimbun menambahkan, pihaknya mendukung setiap partisipasi Kotim di ajang tingkat nasional. Sebab, dengan demikian nilai Kotim di kacamata nasional akan meningkat dan menunjukan bahwa Kotim merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang cukup maju di bidang olahraga.

Sementara itu, pendamping cabang olahraga pencak silat Harsono menyampaikan anggota Kontingen Kotim yang diberangkatkan pada Pra Popnas di Solo sebanyak 19 orang, meliputi atlet, pendamping dan pelatih.

Baca juga: Sidak ke RSUD dr Murjani Sampit, DPRD dapati berbagai permasalahan

Ada empat cabang olahraga yang akan diikuti oleh Kontingen Kotim, yakni basket, bulu tangkis, pencak silat dan voli. Dalam kegiatan ini pihaknya diakomodir oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotim.

"Pada kegiatan ini Kotim bergabung dengan kabupaten lainnya di Kalteng, jadi yang memberangkatkan nanti adalah Pemprov Kalteng. Kemudian, yang juara satu dan dua pada Pra Popnas ini akan dikirim untuk Popnas di Aceh pada 2025 mendatang," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mengikuti kegiatan ini pihaknya telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Pihaknya tidak menargetkan prestasi yang muluk-muluk dalam Pra Popnas ini, namun berkomitmen untuk memberikan aksi dan penampilan yang terbaik.

Baca juga: Legislator Kotim ajak masyarakat manfaatkan program berobat gratis

Baca juga: Ketua DPRD Kotim: Sumpah Pemuda momentum perkuat sinegisitas pembangunan daerah

Baca juga: DPRD Kotim ingatkan OPD selesaikan program tepat waktu

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024