Samsung Galaxy S4 Jalankan OS Tizen 3.0

id Samsung Galaxy S4 jalankan OS Tizen 3.0, Tizen

 Samsung Galaxy S4 Jalankan OS Tizen 3.0

Tampilan antarmuka pengguna sistem operasi Tizen 3.0 di Samsung Galaxy S4 yang dipublikasikan oleh Tizen Indonesia. (Tizen Indonesia), Istimewa

Jakarta (ANTARA News) - Samsung dikabarkan kian serius untuk menggunakan sistem operasi Tizen, setelah bocoran foto-foto mempertontonkan Samsung Galaxy S4 menjalankan OS Tizen 3.0.

Foto-foto yang dipublikasikan oleh Tizen Indonesia baru-baru ini menunjukkan bagaimana tampilan user interface (UI) OS yang akan diluncurkan pada 2014 itu ketika dijalankan pada Samsung Galaxy S4.

Kemunculan foto-foto itu langsung mendapatkan respons dari blog-blog teknologi dan memunculkan spekulasi mengenai kian seriusnya Samsung untuk menggunakan OS Tizen pada perangkat-perangkatnya di masa mendatang.

Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Technical Steering Group yang dibentuk oleh Samsung dan Intel, menurut ITProPortal.

Para mantan proyek OS Bada Samsung bergabung ke dalam Tizen dan Intel melakukan hal yang sama dengan proyek Meego-nya.

Menurut Tizen Indonesia, Tizen 3.0 akan dirilis pada 2014 dengan kemungkinan waktu peluncuran pada bulan Maret.

Samsung membawa smartphone berbasis Tizen ke Mobile World Congress (MWC) awal tahun ini dengan perangkat mirip Galaxy S2 yang menjalankan Tizen versi 2.0.

Huawei juga dikabarkan bakal merilis perangkat yang menggunakan OS yang sama.

Samsung Galaxy S4 merupakan perangkat berlayar 5 inci Super AMOLED Full HD berosulusi 1.920x1080, didukung prosesor 1,9GHz Qualcomm Snapdragon 600 dan akan menjalankan Android 4.3 bulan depan yang memungkinkan untuk mendukung konektivitas dengan jam pintar Galaxy Gear.