"Birdman" Menggebrak Di Golden Globe

id Michael Keaton, Birdman Menggebrak Di Golden Globe

Beverly Hills, California (ANTARA News) - Film satir bisnis pertunjukan yang menjadi favorit kritikus film karena penceritaannya yang inovatif,  "Birdman,"  memimpin dalam nominasi Golden Globe Awards, Kamis waktu AS, dengan mendapat tujuh nominasi bagi penghargaan yang disebut sebagai pengantar menuju Oscar itu.

Dua bulan sebelum anugerah Oscar, Asosiasi Pers Asing Hollywood memperkirakan ada persaingan seru antara "Birdman" dan "Boyhood" yang mendapat lima nominasi Golden Globe.

Namun di Golden Globe pada 11 Januari, kedua film itu akan bersaing dalam kategori-kategori berbeda,  "Birdman" untuk katehori film komedi atau musikal terbaik, sednagan "Boyhood" dalam kategori drama.

Kedua film ini juga bersaing dengan "The Imitation Game" yang juga memperoleh lima nominasi.

"Birdman" yang diproduksi Searchlight Pictures ini disutradarai oleh Alejandro G. Inarritu dan dibintangi Michael Keaton.

"Ini membuat saya luar biasa bahagia," kata Inarritu mengenai tujuh nominasi untuk filmnya ini yang termasuk kategori sutradara terbaik.

Yang mengagetkan adalah film drama Perang Dunia Kedua  "Unbroken" garapan kedua dari aktris-sutradara Angelina Jolie, tidak mendapatkan satu pun nominasi.

Sementara film tentang Martin Luther King Jr,  "Selma", menerima empat nominasi, termasuk sutradara terbaik atas nama Ava DuVernay, yang adalah wanita kulit hitam pertama yang menjadi nomini pada Golden Globe untuk kategori ini.

Aktor pemeran Martin Luther King, David Oyelowo, juga mendapat nominasi untuk kategori aktor atau pemeran utama pria terbaik.

"Ini sungguh, sungguh pagi yang indah," kata DuVernay mengenai penominasian filmnya, sembari berharap besar Oyelowo menang sebagai aktor terbaik.

Film-film lainnya yang mendapatkan nominasi Golden Globe yang sekaligus membuka harapan untuk berjaya di Oscar adalah  "The Grand Budapest Hotel", film yang ditarik dari novel thriller berjudul sama "Gone Girl", dan "The Theory of Everything" yang mengisahkan kehidupan fisikawan besar Stephen Hawking dan istri pertamanya, Jane.

Untuk kategori pemeran utama pria terbaik dalam film drama, Oyelowo akan bersaing dengan Eddie Redmayne yang memerankan Stephen Hawking, Steve Carell dalam "Foxcatcher," Benedict Cumberbatch untuk "The Imitation Game", dan Jake Gyllenhaal dalam "Nightcrawler."

Sementara Michael Keaton dalam "Birdman" menjadi nomine aktor terbaik komedi atau musikal, yang bersaing dengan Ralph Fiennes dalam "The Grand Budapest Hotel," Bill Murray dalam "St. Vincent," Joaquin Phoenix dalam "Inherent Vice", dan Christoph Waltz dalam  "Big Eyes."

Aktris Julianne Moore dinominasikan sebagai pemeran utama wanita terbaik, baik untuk drama maupun komedi/musikal.  Kedua filmnya adalah "Still Alice" dan "Maps to the Stars."

Biasanya pemenang Golden Globe menjadi petunjuk untuk siapa yang akan menjadi pemenang Oscar. "Argo" dan "12 Years a Slave" menjadi film terbaik Oscar setelah menjadi film terbaik dalam Golden Globe.

Yang menjadi kejutan tahun ini adalah  "Boyhood" yang mendapatkan nominasi pada kategori penulisan, penyutradaraan atas nama Richard Linklater, selain kategori pemeran pendamping pria dan wanita terbaik, masing-masing atas nama Ethan Hawke dan Patricia Arquette, demikian Reuters.