Bupati Barito Utara Panen Cabai Besar

id Bupati, Barito Utara, Panen Cabai Besar, Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah

Bupati Barito Utara Panen Cabai Besar

Bupati Barito Utara Nadalsyah bersama pejabat setempat melaksanakan panen cabe besar di lahan di jalan Lingkar Kota Desa Rapen Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah, Jumat (22/1). (FOTO ANTARA Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah bersama pejabat setempat melakukan panen cabai besar di lahan petanian di Dusun Rapen Kecamatan Teweh Tengah, Jumat.

Tanaman cabai milik ini menggunakan pengairan dengan sistem pertanian irigasi tetes yang merupakan hal baru bagi para petani di Kabupaten Barito Utara yang ditanam tahun 2015.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara Setia Budi mengatakan program pengembangan holtikultura termasuk buah-buahan, sayur sayuran, bunga-bungaan, dan obat-obatan. Dan cabai besar ini termasuk katagori sayur-sayuran.

"Untuk wilayah Kabupaten Barito Utara dilakukan uji coba seluas delapan hektare yakni di Rapen ini, Wonorejo, Desa Rimba Sari, Desa Trinsing yang masing-masing lahan untuk tanaman cabe ini dua hektar," katanya.

Budi mengatakan pertanian cabe besar yang dilakukan oleh kelompok tani dibawah bimbingan pihaknya ini menggunakan sistem pertanian irigasi tetes untuk pengairan tanaman cabai.

Kedepan, kata dia, pihaknya tidak memfokuskan satu komuditi yang akan ditanam, bermacam-macam komuditi yang akan dikembangkan.

"Berdasarkan informasi dari para petani cabe besar ini, mereka setiap hari memasarkan antara 12 sampai 20 kg perhari. Keunggulan cabe besar ini, hijau masih laku dan merah pun juga laku dipasaran," ujarnya.

Hal itu, tambahnya, sesuai dengan harapan Bupati Barito Utara Nadalsyah semua kegiatan itu disamping berorientasi pada produksi yang lebih penting juga berorientasi terhadap daya serap tenaga kerja, sehingga masyarakat kita memiliki opsi-opsi untuk berusaha seperti di bidang karet, sawit dan sebagainya.

Berhasilnya tanaman cabe besar ini petani di Dusun Rapen, tanaman cabei yang dirawat oleh petani lainnya menggunakan sistem pertanian irigasi tetes juga dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

"Selain itu melalui sektor pertanian juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat atau dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di Kabupaten Barito Utara," jelas dia.