Batu Bara Barut Terjual 3,3 Juta Ton

id Barito Utara, Barut Bara, Batu Bara Barut Terjual 3,3 Juta Ton

Batu Bara Barut Terjual 3,3 Juta Ton

Sebuah tongkang bermuatan ribuan ton batu bara berlayar di Sungai Barito melintas di sebuah pelabuhan khusus tambang batu bara milik salah satu perusahaan di kawasan Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Penjualan batu bara oleh perusahaan pertambangan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, selama periode Januari-Agustus 2016 mencapai 3,3 juta metrik ton.

"Jumlah ini merupakan penjualan dari 15 investor pemegang Izin Kuasa Pertambangan atau Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu bara (PKP2B) dan lima di antaranya hanya menjual sisa persediaan batu bara," kata Kepala Bidang Pengawasan Tambang pada Dinas Pertambangan dan Energi Barito Utara (Barut), Sarifudin di Muara Teweh, Jumat.

Saat ini penjualan batu bara mengalami penurunan karena dalam dua tahun terakhir harga batu bara di luar negeri (ekspor) dan dalam negeri anjlok, sehingga hampir semua perusahaan mengurangi produksi untuk menekan biaya operasional.

"Saat ini sejumlah perusahaan tambang batu bara di daerah ini telah merumahkan karyawannya karena anjloknya harga batu bara, bahkan lima perusahaan kini hanya menjual stok atau sisa produksi batu bara," katanya.

Di samping itu, kata Sarifudin, produksi batu bara di kabupaten pedalaman Kalteng itu masih mengalami kendala angkutan karena selama ini mengandalkan transportasi air melalui Sungai Barito.

Ia mengatakan angkutan batu bara sering terhenti akibat kedalaman Sungai Barito di luar batas normal atau naik sehingga kapal tidak bisa berlayar karena terhalang jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh sehingga kapal bisa tersangkut.

"Angkutan batu bara sering terhenti akibat sungai dangkal sehingga tidak bisa dilayari tongkang dan kapal besar seperti saat ini," katanya.

Kendala alam itu membuat operasional angkutan batu bara melalui Sungai Barito tidak maksimal. Selain kendala alam, produksi batu bara sejumlah investor juga belum maksimal terkait perizinan.

Di samping itu, operasionalnya juga terkendala izin pemanfaatan kawasan hutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan jalan angkutan tambang sehingga sejumlah investor menghentikan kegiatannya untuk sementara waktu.

"Kami mengharapkan masalah perizinan dan jalan tambang bisa segera diatasi sehingga pemanfaatan tambang batu bara di daerah ini lebih optimal di masa mendatang," katanya.

Penjualan batu bara pada periode Januari-Desember 2015 mencapai 3.188.045 metrik ton atau turun dibanding tahun 2014 yang mencapai 4.107.502 metrik ton.