KPU Seruyan tetapkan tiga paslon Bupati-Wabup

id KPU Seruyan,Agus Sukron Ma`mun,paslon Bupati-Wabup

KPU Seruyan tetapkan tiga paslon Bupati-Wabup

Tiga pasangan bakal calon menerima surat penetapan usai rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seruyan periode 2018-2023 di Kuala Pembuang, Senin (12/2). (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menetapkan tiga pasangan calon peserta pilkada bupati dan wakil bupati setempat tahun 2018.

Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma`mun usai rapat pleno di Kuala Pembuang, Senin mengatakan, penetapan tiga paslon kepala daerah tersebut setelah ketiganya dinyatakan memenuhi syarat pencalonan.

"Ketiga pasangan calon kami nyatakan memenuhi syarat menjadi peserta Pilkada Seruyan 2018," katanya.

Tiga pasangan bakal calon yang ditetapkan menjadi calon adalah Yulhaidir-Iswanti diusung oleh PDIP dengan jumlah enam kursi di DPRD Seruyan.

Yulhaidir merupakan petahana Wakil Bupati Seruyan sedang Iswanti merupakan Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi PDIP.

Pasangan calon kedua adalah Sudarsono-Khairil Yadi yang diusung Golkar, PPP, PKB dan Gerindra dengan jumlah 11 kursi di DPRD. Selain diusung mayoritas parpol, pasangan Sudarsono-Khairil Yadi juga didukung oleh Perindo, PKS, PBB, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Sudarsono merupakan petahana Bupati Seruyan sedang wakilnya Khairil Yadi adalah kader PDIP yang juga Anggota DPRD Seruyan.

Pasangan calon ketiga adalah Edi Riswan-Sutoyo S Darmo yang diusung Partai Nasdem, Hanura dan Demokrat, dengan jumlah kursi lima di DPRD setempat.

Edi Riswan merupakan pengusaha yang saat ini menjabat Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Sutoyo S Darmo adalah mantan birokrat yang beberapa kali menjabat sebagai kepala SOPD di lingkup Pemkab Seruyan.

Sementara, rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seruyan periode 2018-2023 yang dipimpin oleh Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma`mun dilangsungkan di Gedung DPRD Seruyan.

Turut hadir dalam rapat pleno tersebut Panitia Pengawas Pemilu serta tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati beserta tim dan pengurus partai pengusung.