Semaraknya pawai takbiran di Barito Selatan

id pawai takbir,buntok,barsel,Taman Iring Witu Buntok,Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri

Semaraknya pawai takbiran di Barito Selatan

Salah satu peserta Pawai Takbiran yang berlangsung di Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pawai takbiran semarak dilaksanakan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Kamis malam, dalam rangka menyambut 1 Syawal Idul Fitri 1439 Hijriah.

Pantauan Antara di Buntok, Kamis malam, pawai takbiran tersebut dilaksanakan di kota Buntok, maupun di sejumlah kelurahan, dan desa.

Seperti di Kota Buntok, pawai takbiran yang dilaksanakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Barito Selatan itu dimulai dari Taman Iring Witu Buntok.

Adapun peserta terdiri dari masyarakat umum, pengurus masjid, langgar dan mushalla.

Kegiatan pawai takbiran yang berlangsung di Kota Buntok tersebut dilepas oleh Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Selain di kota Buntok, pawai takbiran juga dilaksanakan oleh pemerintah desa, dan kelurahan yang bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) di sejumlah kelurahan, dan desa di daerah itu.

Demikian halnya seperti di Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala, Panitia Hari Besar Islam bersama Pemerintah Desa juga melaksanakan pawai takbiran yang diikuti oleh puluhan peserta.

Sebagian Rukun Tetangga (RT), remaja masjid, dan mushalla, di desa tersebut menyiapkan gerobak yang dibentuk dengan berbagai motif Islami yang mana diiringi oleh iring-iringan para peserta yang mengenakan pakaian muslim, dan sebagian menampilkan seni rebana.

"Kegiatan pawai ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam setiap tahunnya," kata Kepala Desa Babai H Sunarto.

Menurut dia, kegiatan pawai takbiran yang diperlombakan ini dalam rangka untuk menyemarakkan malam Idul Fitri 1439 Hijriah pada tahun 2018 ini.

Pantauan Antara, kegiatan malam takbiran di sejumlah tempat di wilayah kabupaten Barito Selatan yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu berlangsung meriah, ribuan warga menyaksikan iring-iringan pawai tersebut.