Singkirkan kutu rambut dengan cara alami

id rambut,kutu,kulit kepala

Singkirkan kutu rambut dengan cara alami

Ilustrasi kutu rambut.(foto: shutterstock/Lightspring)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Mungkin Anda sudah menjaga kebersihan rambut dengan baik, hewan kecil ini bisa sangat cepat menular. Kutu rambut menyebabkan beberapa masalah kulit di kepala, seperti benjolan dan rasa gatal.

Untuk mengatasinya tak harus dengan obat kimia. Cukup gunakan bahan alami berikut, kutu rambut akan menyingkir dari kepala.

Baca juga: Tips memperlambat munculnya rambut uban

Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa sulfur dan bau yang tajam. Ini membuatnya menjadi pengusir alami ketika melawan kutu. Bahan-bahannya mudah diserap kulit kepala. Selain itu, ia juga melawan jamur dan bakteri pada saat bersamaan.

Cukup haluskan 8 siung bawang putih dan mencampurnya dengan 3 sendok makan jus lemon. Kemudian aplikasikan di kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit. Setelahnya, bilas dan gunakan sampo untuk membersihkan rambut.

Ulangi perawatan ini tiga kali seminggu.

Baca juga: Makanan ini buat rambut tebal dan indah

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan solusi yang bagus untuk menghilangkan kutu dan telur kutu. Hal ini karena tekstur berminyak dan senyawa antioksidannya. Minyak ini mampu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh kutu. Selain itu juga mengurangi rasa gatal dan kekeringan yang berlebihan.

Panaskan 4 sendok makan minyak zaitun hingga suhunya cukup hangat untuk kulit. Kemudian campurkan dengan jus lemon dan aplikasikan ke rambut. Tutup rambut dengan topi mandi dan biarkan bahan alami ini bekerja selama semalam. Keesokan harinya, gunakan sisir kutu sebelum akhirnya mencuci rambut dengan sampo.

Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan anti-parasit dan antibakteri. Gabungan sifatnya ini mampu memusnahkan kutu dan telur kutu. 

Campurkan 6 sendok makan minyak kelapa dengan 1 sendok teh minyak rosemary. Panaskan hingga suhunya hangat dan cukup aman untuk kulit kepala. Kemudian gosokkan ke rambut dan kulit kepala, pijat perlahan selama beberapa menit. Tutup rambut dengan topi rambut dan biarkan selama 6-8 jam. Keesokan harinya, gunakan sisir kutu sebelum membersihkan rambut dengan sampo.

Ulangi perawatan ini paling tidak 3 kali seminggu.

Minyak wijen

Minyak wijen memiliki beberapa sifat. Di antaranya antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Hal inilah yang membuatnya ampuh melawan kutu. Selain itu, bonusnya rambut lebih berkilau dan kuat.

Campurkan 6 sendok makan minyak wijen dengan 1 sendok teh tea tree oil. Gosokkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Biarkan selama 2 jam kemudian bilas rambut dengan air bersih dan sampo.

Ulangi perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.