DPRD Bartim minta SOPD berinovasi gali PAD

id DPRD Bartim,DPRD Bartim minta SOPD berinovasi gali PAD,Janjo Briano

DPRD Bartim minta SOPD berinovasi gali PAD

Ketua Komisi I DPRD Bartim, Janjo Briano. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur,  Kalimantan Tengah meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah untuk berinovasi dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah yang ada di daerah itu.

Ketua Komisi I DPRD Bartim, Janjo Briano, di Tamiang Layang, Kamis, mengatakan, banyak potensi PAD yang bisa digali agar terus meningkat setiap tahunnya. 

"Saat ini SOPD yang ada seperti terfokus pada penyerapan anggaran saja. Padahal ada tanggungjawab juga untuk menggali PAD. Untuk itu, kami meminta ada inovasi dalam penggalian PAD," katanya.

Politisi PDIP itu mencontohkan, PAD dibidang penanaman modal bisa dipromosikan melalui online atau dalam jaringan (daring) agar diketahui publik, bahwa ada potensi yang bisa diinvetasikan di Bartim.

Selanjutnya, dalam bidang pemungutan pajak dan retsibusi daerah, agar ditingkatkan lagi dan lebih mengoptimalkan pengawasan dan pembinaan kinerja bawahan terkait dengan pemungutan pajak dan retribusi. 

Selain itu, perlu ada analisa dan evaluasi tentang pengelolaan retribusi seperti di sektor perparkiran hingga pengelolaan pasar. 

Badan Pendapatan Daerah Bartim juga diharapkan bisa berkordinasi dengan lurah dan kepala desa untuk validasi objek pajak dan wajib pajak PBB-P2. 

"Kami juga berharap, eksekutif tidak menargetkan PAD terlalu besar lah namun tidak bisa merealisasikannya. Hal ini akan berdampak pada anggaran daerah," katanya.

Jika perlu, Komisi DPRD yang membidanginya diajak bersama-sama mengkaji potensi pendapatan daerah yang komprehensif sehingga target pendapatan benar-benar diangka yang moderat.