Atasi rambut kering dengan masker alami

id Rambut,kering,Rontok,masker

Atasi rambut kering dengan masker alami

Ilustrasi (Pixabay)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Merawat rambut kering tidak harus selalu pergi ke salon. Anda bisa merawatnya di rumah dengan membuat sendiri masker rambut kering untuk mengembalikan kelembapan rambut Anda. Berikut berbagai masker rambut kering yang bisa Anda coba praktikkan di rumah.

1. Yoghurt dan minyak

Kombinasi yoghurt dan minyak bekerja sama untuk memperbaiki rambut rapuh dan rusak. Campuran bahan ini akan bekerja sangat baik pada rambut kering Anda yang umumnya disebabkan oleh penggunaan alat penata rambut yang panas seperti catokan, pengering rambut, atau pengeriting rambut.

Untuk membuat masker, Anda memerlukan tiga bahan yaitu:

125 ml yoghurt tawar tanpa perasa dan pewarna tambahan
2 sdm minyak  zaitun
6 tetes minyak esensial seperti argan, melati atau lavender
Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam blender dan mencampur semua bahan menjadi satu. Setelah tercampur, aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi. Kemudian tutup rambut dengan penutup kepala dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih. Ulangi dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapat hasil terbaik.

2. Mayones

Masker rambut kering selanjutnya ialah mayones. Dikutip dari Livestrong, Greta Breedove penulis buku Herbal Treatments for Helathy Hair, mayones bisa dijadikan sebagai perawatan untuk rambut yang sangat kering. Pasalnya, mayones terbuat dari minyak, cuka, dan juga telur yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil mayones secukupnya ke dalam mangkuk. Kemudian, basahi rambut terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya, aplikasikan mayones pada kulit kepala dan helaian rambut Anda secara merata. Pijatkan sesekali agar mayones dapat menyerap dengan baik. Setelah itu, tutup dengan penutup kepala dan diamkan selama 30 menit.

Kemudian, letakkan sampo di tangan Anda dan usapkan pada kepala tanpa menambahkan air terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memecah kandungan minyak dalam mayones pada rambut Anda. Selanjutnya bilas rambut dengan air dingin menggunakan sampo hingga bersih.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan sebutir telur ke dalam mayones, supaya rambut lebih lembut dan lembap.

3. Alpukat, madu, dan minyak zaitun

Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang membantu mengembalikan kilau rambut Anda. Kombinasi alpukat, madu, dan juga minyak zaitun mampu memperbaiki rambut yang kering dan rapuh. Tak hanya itu, ketiga bahan ini juga melindungi rambut dari kerusakan lebih lanjut.

Cara membuatnya mudah, siapkan bahan-bahan ini dengan takaran:

1 buah alpukat matang
1 sdm madu murni
3 sdm minyak zaitun
Haluskan ketiga bahan hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian, basahi rambut sebelum Anda mengaplikasikannya. Pijatkan dengan lembut campuran bahan ini ke kulit kepala dan rambut Anda. Kemudian, diamkan selama 20 menit sebelum Anda bilas dengan sampo. Ulangi pemakaiannya setiap satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

4. Pisang dan minyak kelapa

Terkadang, banyak orang yang malas untuk memakan pisang yang sudah lembek dan terlalu matang. Ini saatnya Anda memanfaatkan buah pisang sebagai masker untuk mengatasi rambut kering Anda.

Kalium dan minyak alami di dalam pisang membantu melembutkan rambut dan melindungi elastisitas dengan mencegah ujung rambut dari kerusakan. Menambahkan minyak kelapa ke dalam masker pisang Anda dapat membantu menghaluskan dan mengisi celah di helai rambut yang rusak oleh panas dan sinar matahari.

Anda hanya perlu menghaluskan satu buah pisang dan mencampurkannya dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Aplikasikan ke rambut yang basah dan diamkan selama 30 menit agar penyerapannya maksimal. Setelah itu, jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih dengan menggunakan sampo.

Selain menggunakan berbagai masker rambut kering, Anda juga perlu mengonsumsi cukup air untuk membantu menjaga kelembapan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti alpukat, tuna, lele, dan kacang-kacangan juga membantu menjaga rambut tetap sehat dan terhindar dari kekeringan.

Tak lupa, hindari penataan rambut berlebih dengan uap ataupun panas yang dapat mempercepat kerusakan rambut Anda. Selain itu, untuk mencegah rambut Anda kering maka hindari membilas rambut dengan sampo setiap hari.