Cara ampuh tahan tangis di hadapan orang lain

id Menangis,sedih,duka marah,tahan tangis

Cara ampuh tahan tangis di hadapan orang lain

Ilustrasi menangis (Pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Siapa yang belum pernah menangis dalam hidupnya? Namun, sebagian dari kita mungkin terlalu malu memperlihatkan kesedihan dan air mata di depan orang lain.

Ad Vingerhoets, profesor psikologi klinis dari Universitas Tilburg di Belanda mengatakan, menangis terbagi atas dua komponen yakni wujud rasa tertekan atau rasa tidak nyaman dan produksi air mata.

Saat kita menangis, sebuah stimulus emosional masuk ke otak dan memicu air mata keluar dari kelenjar lakrimal yang berada tepat di atas mata kita. Seiring waktu, alasan seseorang menangis berubah. Bila bayi menangis kebanyakan karena rasa tidak nyaman secara fisik, saat dewasa bisa berbeda alasannya.

Terlepas dari hal ini, ada sebagian kita yang ingin menyembunyikan air mata dari orang lain, entah karena malu atau hanya tak ingin dianggap lemah. Bagaimana caranya?

Berikut tips dari asisten profesor psikiatri dan psikologi dari Universitas Pittsburgh, Lauren Bylsma seperti dilansir Channel News Asia, Senin (23/10):

1. Menangislah sebelum menghadapi sumber masalah

Jika Anda menghadiri pertemuan dan merasa takut, sebelumnya biarkan diri Anda menangis.

"Anda akan lebih cenderung menjaga ketenangan Anda jika Anda sudah melakukannya," kata Lysma.

2. Pertimbangkan skenario terburuk, dan latih cara mengatasinya. Cara ini bisa membuat Anda siap menghadapi apa pun.

Namun, jika Anda merasa air mata akan muncul:

1. Tekan lidah ke arah langit-langit mulut

"Cukup tekan lidah ke langit-langit mulut Anda dan Anda akan langsung berhenti menangis," kata Janine Driver, kepala eksekutif Body Language Institute di Washington.

2. Buat otot-otot wajah rileks

Driver mengatakan bahwa alis bagian dalam akan bersatu ketika Anda benar-benar sedih, sehingga melonggarkan otot-otot itu akan "mengunci" air mata Anda.

3. Tarik napas dalam-dalam

Theresa Nguyen, seorang konsultan pengembangan diri di Dallas, mengatakan bahwa berfokus pada napas bisa membantu Anda menjauh dari emosi Anda - dan menghentikan Anda untuk mengatakan apa pun yang mungkin Anda sesali nanti.

"Tarik napas dalam-dalam melalui hidung Anda selama empat detik dan tahan selama dua detik. Kemudian, melalui bibir yang mengerucut, hembuskan nafas selama delapan detik," kata dia.

4. Cubit kulit tangan

Jika Anda dapat menyembunyikan tangan Anda, Driver menyarankan: "Cukup mencubit kulit antara ibu jari dan jari telunjuk dan voila, Anda akan langsung berhenti menangis".