Bupati minta SOPD dukung program PKK Bartim

id kabupaten barito timur,bartim,bupati bartim,ampera ay mebas,ketua pkk bartim

Bupati minta SOPD dukung program PKK Bartim

Bupati Bartim Ampera AY Mebas menyerahkan tropy piala Kepala Desa Rodok, Kecamatan Dusun Tengah Jaro Lelond Tuah sebagai juara I lomba desa tingkat Kabupaten Barito Timur, Senin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas meminta kepala satuan organisasi perangkat daerah setempat mendukung program-program yang telah disusun serta akan dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Barito Timur.

"Program PKK itu melekat pada tiap SOPD. Jika ada yang tidak mendukung, laporkan kepada saya," kata Ampera di acara  pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Ke-16, HKG-PKK Ke-47 dan HARGANAS Ke-26 Tingkat Kabupaten Barito Timur di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui, Senin.

Menurutnya, SOPD yang mendukung tidak hanya di tingkat kabupaten saja, melainkan hingga ke tingkat kecamatan dan pemerintah desa dan kelurahan. SOPD dimaksud memberikan dukungan dengan melaksanakan program yang berisikan program dan memberikan fasilitas kepada tim penggerak PKK disemua tingkatkan pemerintah.

Ampera pun meminta tim penggerak PKK kabupaten dan kecamatan memperhatikan tiga hal yaitu, melaksanakan program prioritas yang mengacu kepada kesejahteraan keluarga dan masyarakat sekitarnya, serta berdampak bagi keluarga dan masyarakat, meningkatkan eksentensi kelembagaan PKK dengan menjaga kualitas kinerja dan mewujudkan pelaksanaan 10 program Pokok PKK.

"Kemudian meningkatkan dan menumbuhkembangkan kesetaraan gender baik di bidang organisasi profesi, lembaga-lembaga kemasyarakatan, serta pengembang ekonomi dalam menunjang kehidupan keluarga," kata Ampera.

Baca juga: Legislator puji kinerja KPU Bartim mampu tingkatkan partisipasi pemilu 2019

Dia juga mengharapkan keterlibatan elemen masyarakat untuk mengambil bagian dalam membangun desa, dengan meningkatkan partisipasi, prakarsa dan swadaya masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan pedesaan membutuhkan dukungan seluruh elemen masyarakat.

"Keterlibatan elemen masyarakat dan berbagai lembaga kemasyarakatan mampu mewujudkan hasil yang maksimal yang dapat dinikmati dan berguna serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," kata Ampera.

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-16, HKG-PKK ke-47 dan HARGANAS ke-26 tingkat Kabupaten Barito Timur di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui dihadiri Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Ketua TP PKK Minta Mustika Dewi, Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, Sekda Eskop dan seluruh jajaran kepala SOPD serta para kepala desa.

Baca juga: Bupati Bartim pantau langsung perhitungan suara di tingkat kecamatan