Nets berhasil taklukan Lakers

id Pramusim NBA, Krisis NBA China,Brooklyn Nets,Basket Ball,NBA

Nets berhasil taklukan Lakers

Brooklyn Nets mengalahkan Los Angeles Lakers 91-77, Sabtu malam lalu dalam laga pramusim di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, China. Pramusim di China itu kacau balau dengan semua penampilan publik dibatalkan kecuali dua pertandingan itu setelah NBA menjadi pusat sengketa AS-China yang dipicu cuitan bos Houston Rockets yang bersimpati kepada demonstran pro-demokrasi di Hong Kong. (REUTERS/STAFF)

Shanghai, China (ANTARA) - Brooklyn Nets mengalahkan Los Angeles Lakers 91-77, Sabtu, untuk mengakhiri tur pramusim ke China yang menyisakan pertanyaan besar mengenai masa depan pasar besar NBA bernilai miliaran dolar di China.

Dua pertandingan pramusim di China itu kacau balau dengan semua penampilan publik dibatalkan kecuali dua pertandingan itu setelah NBA menjadi pusat sengketa AS-China menyangkut demokrasi dan kebebasan berbicara yang dipicu cuitan di Twitter dari bos Houston Rockets yang bersimpati kepada demonstran pro-demokrasi di Hong Kong.

Namun kontroversi itu ternyata tidak mengurangi antusiasme penggemar NBA di China ketika penggemar menyambut gembira laga pertama pramusim itu di Shanghai pada Kamis, dan laga kedua di Shenzhen dekat Hong Kong, dua hari kemudian.

Ribuan orang mengenakan jersey Lakers dan Nets, selain juga stiker bendera China di atas logo NBA di baju mereka.

Baca juga: Pebasket dunia ini beli saham tim sepak bola Houston

Dua pertandingan eksibisi ini batal ditayangkan televisi China, sedangkan sponsor-sponsor NBA dari China sudah memutuskan hubungan sejak kritis Twitter itu merebak.

Tetapi di lapangan justru lain karena perasaannya lebih positif di mana fans menyambut histeris para pemain NBA, khususnya superstar Lakers LeBron James.

Pihak berwenang Shenzhen mengeluarkan larangan memasang banner atau spanduk provokatif selama pertandingan eksibisi itu, demikian AFP.

Baca juga: Ribuan warga Toronto turun ke jalan, rayakan kemenangan Toronto Raptors juara NBA

Baca juga: Toronto Raptors juara NBA 2019