Mantan bos Ferrari akan jadi CEO Formula 1

id Stefano Domenicali,Mantan bos Ferrari , Formula 1,Mantan bos Ferrari akan jadi CEO Formula 1

Mantan bos Ferrari akan jadi CEO Formula 1

MONTREAL, QC - JUNE 07: Ferrari Team Principal Stefano Domenicali attends the official press conference following practice for the Canadian Formula One Grand Prix at the Circuit Gilles Villeneuve on June 7, 2013 in Montreal, Canada. Paul Gilham/Getty Images/AFP (AFP/Paul Gilham)

Jakarta (ANTARA) - Mantan bos tim Ferrari Stefano Domenicali akan menggantikan Chase Carey sebagai kepala eksekutif Formula 1 sebelum awal musim depan, kata sumber-sumber senior seperti dikutip Reuters, Rabu.

Belum ada pernyataan resmi dari Formula 1 yang dimiliki Liberty Media. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh racefans.net dan kemudian dikonfirmasikan oleh Reuters.

BBC juga mengutip beberapa sumber senior yang memastikan penunjukan itu.

Baca juga: Mick Schumacher akan kemudikan Ferrari ayahnya di Mugello

Domenicali (55) saat ini adalah ketua dan kepala eksekutif produsen Lamborghini dan juga menjabat ketua komisi FIA. Pria Italia ini memimpin Ferrari dari 2008 sampai 2014.

Carey mengepalai Formula 1 sejak 2017 ketika Liberty Media yang berbasis di AS mengambil alih dan menendang mantan supremo Bernie Ecclestone yang tetap menjadi chairman.

Racefans.net melaporkan bahwa pria Italia itu diperkirakan akan mengisi posisi kepala eksekutif sebelum awal musim depan. BBC menyebutkan semua bos tim Formula 1 sudah diberi tahu soal ini.

Penunjukan ini membuat tiga dari jabatan-jabatan puncak di Formula 1 diduduki olah orang-orang Ferrari.

FIA saat ini diketuai mantan bos tim Ferrari asal Prancis, Jean Todt, sedangkan direktur pelaksana motosport Formula 1 Ross Brawn adalah mantan direktur teknik Ferrari.

Masa jabatan ketiga Todt akan berakhir tahun depan dan dia diperkirakan tidak akan mencalonkan lagi.

Baca juga: Dua pebalap ungkap Ferrari susah dikendarai di Monza

Baca juga: Hamilton incar kemenangan ke-90 di Monza

Baca juga: Ferrari frustasi di Spa jelang dua balapan di kandang