Lewandowski kawinkan gelar Pemain dan Penyerang Terbaik UEFA

id bayern munich,pengharganaan uefa 2019/2020,robert lewandowski

Lewandowski kawinkan gelar Pemain dan Penyerang Terbaik UEFA

Penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski dalam acara undian grup Liga Champions sekaligus penganugerahan gelar pemain terbaik UEFA di Jenewa, Swiss, Kamis (1/10/2020). (ANTARA/REUTERS/HANDOUT)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski mengawinkan gelar Pemain Terbaik UEFA dan Penyerang Terbaik Liga Champions 2019/2020 dalam acara pemberian penghargaan sekaligus undian grup Liga Champions yang diselenggarakan di Jenewa, Kamis.

Pemain internasional Polandia itu mengoleksi 55 gol pada musim lalu, termasuk 15 gol dari 15 penampilannya di Liga Champions. Ia mengungguli rekan setimnya Manuel Neuer dan gelandang Manchester City Kevin de Bruyne untuk memenangi gelar Pemain Terbaik UEFA kategori putra, demikian laporan siaran langsung yang dipantau di Jakarta, Kamis malam.

De Bruyne yang memenangi penghargaan gelandang terbaik Liga Champions musim 2019/2020 seolah menjadi alien dalam pemberian penghargaan kategori putra tersebut, lantaran gelar-gelar lain jatuh ke pangkuan para pemain Bayern.



Manuel Neuer terpilih menjadi kiper terbaik, Joshua Kimmich didaulat menjadi bek terbaik, dan gelar penyerang terbaik menjadi milik Lewandowski.

Arsitek Bayern Hansi Flick juga mendapat pengakuan atas kerja kerasnya musim lalu. Ia terpilih sebagai pelatih terbaik UEFA.

Pada kategori putri, Pernile Harder yang memecahkan rekor transfer pesepak bola saat ditransfer Chelsea dari Wolfsburg dengan nilai transfer lebih dari 250 ribu pound, terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA.

Sebagaimana Lewandowski, Harder juga memenang dua gelar pada malam penghargaan ini. Selain sebagai Pemain Terbaik UEFA putri, pemain Denmark itu juga terpilih sebagai Penyerang Terbaik putri di Liga Champions.

Selain gelar Penyerang Terbaik Putri yang jatuh ke tangan Harder, gelar-gelar lain di kategori putri diboyong oleh kubu Olympique Lyon selaku tim juara.

Sarah Bouhaddi terpilih menjadi kiper terbaik, begitu pula Wendie Renard yang menjadi bek terbaik, dan Dzsenifer Marozsan yang memenangi penghargaan gelandang terbaik putri di Liga Champions.

Pelatih mereka, Jean-Luc Vasseur, juga kebagian penghargaan. Vasseur memenangi penghargaan Pelatih Terbaik UEFA Putri yang diberikan untuk pertama kalinya.

Selain itu, legenda Chelsea Didier Drogba juga memenangi Anugerah Presiden UEFA atas sumbangsihnya bukan hanya terhadap sepak bola Eropa tetapi juga berbagai aktivitas sosialnya di negara asalnya, Pantai Gading, maupun benua Afrika pada umumnya.



Berikut daftar lengkap penerima penghargaan UEFA 2019/20:

Pemain Terbaik UEFA Putra: Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Pemain Terbaik UEFA Putri: Pernille Harder (Wolfsburg/Chelsea)

Pelatih Terbaik UEFA Putra: Hansi Flick (Bayern Munich)

Pelatih Terbaik UEFA Putri: Jean-Luc Vasseur (Olympique Lyon)

Kiper Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Manuel Neuer (Bayern Muenchen)

Bek Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Joshua Kimmich (Bayern Muenchen)

Gelandang Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Kevin de Bruyne (Manchester City)

Penyerang Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)

Kiper Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Sarah Bouhaddi (Olympique Lyon)

Bek Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Wendie Renard (Olympique Lyon)

Gelandang Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Dzsenifer Marozsan (Olympique Lyon)

Penyerang Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Pernille Harder (Wolfsburg/Chelsea)

Anugerah Presiden UEFA: Didier Drogba