Hoaks! Marquez joget dangdut di pembukaan MotoGP Mandalika

id Marc marquez,motogp,mandalika,marquez joget dangdut,Hoaks,hoax,Hoaks! Marquez joget dangdut di pembukaan MotoGP Mandalika

Hoaks! Marquez joget dangdut di pembukaan MotoGP Mandalika

Arsip-Marc Marquez saat ikut berjoged lagu “Despacito” bersama murid dari Saung Angklung Udjo dalam kunjungannya di Bandung, Minggu (10/2/2019) (Antaranews/Maria Cicilia Galuh) ((Foto Antaranews Bali/) ((Foto Antaranews Bali//)

Jakarta (ANTARA) - Ajang balap motor MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika pada 19 dan 20 Maret 2022 menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

Persiapan penyelenggaraan seperti parade para pebalap di Jakarta dan aktivitas pada pebalap di Mandalika Lombok jelang perhelatan menjadi perhatian warganet Tanah Air.

Salah satu unggahan yang menampilkan video pebalap Tim Honda Marc Marquez juga menjadi perhatian publik karena tampak pebalap bernomor 93 itu terlihat berjoget dalam sebuah acara bersama seorang penyanyi yang diklaim sebagai acara pembukaan MotoGP Mandalika 2022.

Berikut narasi yang menyertai unggahan yang terdapat di YouTube itu:
“Marquez goyang dangdut di acara pembukaan MotoGP Mandalika”

Namun, benarkah video tersebut menampilkan Marc Marquez dalam pembukaan MotoGP Mandalika?
  
Unggahan hoaks yang menyebut Marc Marquez berjoget dangdut dalam acara pembukaan MotoGP Mandalika. Faktanya, acara yang didatangi Marquez itu merupakan sambutan saat Marquez dan tim Repsol Honda mengunjungi Saung Angklung Udjo di Bandung pada 2019. (YouTube)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video itu memang menampilkan pebalap Spanyol Marc Marquez.

Namun, video tersebut bukan peristiwa dalam rangkaian perhelatan MotoGP Mandalika 2022, melainkan ketika Marquez dan Tim Repsol Honda mengunjungi Saung Angklung Udjo di Bandung pada 10 Febuari 2019.

Video serupa yang juga menampilkan Marquez di Saung Angklung Udjo terdapat pula pada laporan ANTARA di YouTube pada 10 Februari 2019 dengan judul “Marc Marquez joget Despacito”.

Dalam rangkaian MotoGP Mandalika 2022, Marquez tidak mengikuti acara sebelum perlombaan kecuali parade para pebalap MotoGP di Jakarta pada Rabu, 16 Maret 2022.

Klaim: Marc Marquez joget dangdut dalam pembukaan MotoGP Mandalika
Rating: Hoaks/Salah