Menanti nasib dan peran Joel Embiid

id nba,miami heat,philadelphia 76ers,sixers,joel embiid,jimmy butler,james harden,bam adebayo,tyrese maxey,tyler herro

Menanti nasib dan peran Joel Embiid

Pebasket Philadelphia 76ers Joel Embiid (21) berselebrasi usai mencetak angka ke basket Toronto Raptors pada gim keenam babak Playoffs putaran pertama NBA 2022 di Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada, Kamis (28/4/2022). 76ers lolos ke semifinal wilayah usai menang 132-97 (4-2) atas Raptors pada gim tersebut. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Dan Hamilton/wsj.

Jakarta (ANTARA) -
Situasi terkait Joel Embiid menyisakan tanda tanya tersendiri menjelang bergulirnya semifinal Wilayah Timur NBA antara Miami Heat melawan Philadelphia 76ers yang diawali dengan Gim 1 di FTX Arena, Florida, pada Senin waktu setempat (Selasa WIB).
 
Embiid mengalami cedera keretakan tulang orbita kanan di wajahnya serta cedera gegar ringan lantaran terkena siku Pascal Siakam dalam Gim 6 melawan Toronto Raptors pada Kamis (28/4) lalu saat Sicers mengunci kemenangan seri 4-2 dan melangkah ke semifinal Timur.
 
Kabar terkini menyatakan bahwa Embiid tidak akan ikut rombongan melakoni perjalanan ke Miami untuk Gim 1 dan 2, sementara Sixers masih menaruh optimisme bahwa ia akan kembali untuk Gim 3 atau 4 di Phildelphia nanti.
 
 
Nasib Embiid tersebut bukan tidak mungkin akan memaksa Sixers mengalami kekecewaan lagi di semifinal Timur, sebagaimana musim lalu saat mereka dikalahkan Atlanta Hawks.
 
Kehilangan Embiid jelas jadi pukulan berat bagi Sixers, mengingat bintang berusia 28 tahun itu membukukan rataan 26,2 poin, 11,3 rebound, serta akurasi tembakan 52 persen sepanjang seri melawan Raptors.
 
Absennya Embiid membuat Sixers harus mengharapkan peranan lebih besar dari James Harden di semifinal Timur nanti. Di putaran pertama Harden punya rata-rata 19,0 poin, 10,2 assist, 5,0 rebound dan akurasi tembakan 41,1 persen.
 
Selain Harden, Sixers tentu berharap Tyrese Maxey bisa meningkatkan performanya yang menanjak sepanjang musim ini. Maxey harus bisa tetap tampil dengan kepercayaan diri penuh untuk menajamkan kontribusi rataannya di putaran pertama berupa 21,3 poin dan akurasi tembakan 50,5 persen.
 
Satu nama lain yang tentu diharapkan oleh Sixers bisa menampilkan performa lebih baik adalah Tobias Harris, setelah menorehkan rata-rata 17,8 poin, 9,5 rebound, dan akurasi tembakan 52,5 persen di putaran pertama.


 
Situasi terkait Embiid di Sixers jelas akan menjadi angin segar bagi Heat yang langkahnya lebih mulus di putaran pertama setelah melewati Hawks hanya lima gim saja meski harus kehilangan Kyle Lowry di dua pertandingan dan Jimmy Butler satu gim.
 
Tanpa Embiid, Heat yang sudah sukses meredam bintang Hawks Trae Young di putaran pertama berbasis kecepatan dan kegigihan mereka di atas kertas siap untuk membendung Harden maupun pilar Sixers lainnya.
 
Sementara lini pertahanan mereka bisa diandalkan, Heat tentu membutuhkan kelanjutan perfoma apik Butler dan Tyler Herro di semifinal Timur nanti.
 
Di putaran pertama Butler punya rata-rata 30,5 poin, 7,8 rebound, 5,3 assist dan akurasi tembakan 54,3 persen, sedangkan Herro yang jadi andalan dari bangku cadangan berkontribusi lewat 12,8 poin meski ia masih menajamkan lagi akurasi tripoinnya cuma 12,3 persen.
 
 
Harden, Adebayo dan kedalaman roster
 
Mengutip ulasan kolumnis situs resmi NBA, Shaun Powell, cedera dan absennya Embiid bukan tidak mungkin akan memantik kesempatan bagi Harden untuk kembali menampilkan penampilan dominan bagi Sixers, sebagaimana yang ia lakukan nyaris sendirian semasa berseragam Houston Rockets.
 
Harus diakui peran Harden kini memang tidak sedominan semasa di Rockets, di mana dalam delapan musim di fase playoff ia selalu punya rata-rata poin di atas 26,3.
 
Seri semifinal Timur ini bisa mengarah pada dua hasil, apakah Harden gagal menjawab keraguan atau justru bangkit dan menampilkan performa terbaiknya lagi.
 
Di atas kertas tugas itu tak semudah yang terdengar, sebab Harden besar kemungkinan bakal mendapat pengawalan ketat dari Butler yang berambisi untuk membuktikan masa keemasan lawannya itu sudah berlalu.
 
Heat juga punya senjata lain dalam diri Bam Adebayo yang sudah berkali-kali membuktikan reputasinya sebagai bigman yang bertalenta, terlebih ia tak harus berhadapan dengan Embiid di dua gim pertama.
 
 
Absennya Embiid jelas akan membuat bangku cadangan Heat tenang bahwa Adebayo mungkin tidak perlu harus melakukan banyak pelanggaran atau membutuhkan bantuan pengawalan ganda atas siapapun sosok yang menggantikan pebasket Kamerun tersebut.
 
Selain kemampuan gemilangnya dalam menggalang pertahanan, Adebayo juga punya kontribusi yang tidak inferior dalam menyerang. Ia tentu ingin menajamkan rataan 12,4 poin dan 8,0 rebound yang dibukukannya sepanjang putaran pertama.
 
Kepingan penting lainnya yang membuat Heat tampak berada di atas angin dari Sixers adalah kualitas bangku cadangan mereka.
 
Sementara Sixers kini dihadapkan tanda tanya lantaran Embiid cedera, Heat punya rekam jejak opsi yang melimpah apabila ada pemain yang tampil di bawah performa.
 
Kasus di putaran pertama kemarin misalnya, ketika Duncan Robinson tak tampil baik dan hanya bisa melesakkan dua dari 10 percobaan tripoin dalam empat gim terakhir, Heat punya pilihan memadai dalam Max Strus dan Victor Oladipo.
 
Atas situasi yang ada, kecuali Embiid bisa kembali tepat waktu dan menjadi pembeda, Sixers mungkin akan kesulitan bisa menemukan kemenangan lebih dari dua gim dan Heat berpeluang besar untuk melenggang mulus ke final Timur.
 
 
Jadwal seri semifinal Timur Heat vs Sixers (dalam WIB, gim 5-7 dimainkan apabila diperlukan):
 
Gim 1 - Selasa (3/5) 06.30 di Miami
Gim 2 - Kamis (5/5) 06.30 di Miami
Gim 3 - Sabtu (7/5) 06.00 di Philadelphia
Gim 4 - Senin (9/5) 07.00 di Philadelphia
Gim 5 - Rabu (11/5) di Miami
Gim 6 - Jumat (13/5) di Philadelphia
Gim 7 - Senin (16/5) di Miami