Mengenal sederet fitur New Xpander Cross yang tidak ada di kompetitor

id Xpander,new xpander cross,Mitsubishi,mobil xpander,spesifikasi xpander

Mengenal sederet fitur New Xpander Cross yang tidak ada di kompetitor

New Mitsubishi Xpander Cross (ANTARA/Chairul Rohman) (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak hanya menyematkan fitur baru Active Yaw Control (AYC) pada New Xpander Cross, melainkan sederet perubahan meliputi lingkar kemudi, kekedapan kabin, suspensi dan ground clearance 220 milimeter yang tidak ada pada kompetitor di kelasnya.

Dengan demikian, New Xpander Cross bukan sekadar menyandang status "facelift" atau model dengan pembaruan minor, melainkan memiliki tampang baru dengan sederet ubahan pada fitur, teknologi keamanan maupun kenyamanan. Berikut ulasannya:

Active Yaw Control (AYC)

Product Appeal Evaluation Departement Mitsubishi Motors, Shinji Suzuki menjelaskan bahwa New Xpander Cross dilengkapi fitur AYC yang mampu meningkatkan keamanan saat menikung.

"AYC secara optimal mengontrol rem dan ban sehingga lebih aman saat menikung," kata Shinji Suzuki sebagaimana dikutip dalam video resmi yang mengulas fitur New Xpander Cross, Rabu.

Dalam video itu ditampilkan bagaimana New Xpander Cross dapat menikung dengan presisi, sedangkan pada kecepatan yang sama, mobil yang tidak menggunakan AYC melakukan belokan dengan lebih jauh.

Baca juga: Simak lima paket aksesori untuk New Xpander Cross

AYC dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan saat bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Fitur yang pertama kali digunakan pada Mitsubishi Lancer Evo itu beroperasi bersama dengan fiturAnti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

Ia menjelaskan, untuk memudahkan pengemudi, Xpander Cross dilengkapi tampilan kinerja AYC pada meter cluster untuk menunjukkan seberapa efektif fitur itu bekerja. Panel itu menunjukkan kinerja AYC melalui panah saat mobil sedang menikung.
  
Paket aksesori untuk New Xpander Cross (ANTARA/HO)


Suspensi baru dan minimnya getaran

Product Appeal Evaluation Departement Mitsubishi Motors, Masahiro Tamura menjelaskan New Xpander Cross kini lebih nyaman dikemudikan berkat suspensi baru yang memungkinkan mobil itu minim getaran meski melaju di jalan yang tak rata.

"Mengemudi menjadi lebih nyaman karena minimnya getaran, berkat adopsi suspensi belakang yang sama besarnya dengan Pajero Sport. Suspensi depan dan belakang memberikan kenyamanan yang lebih baik," kata Masahiro Tamura.

Suspensi baru itu juga memungkinkan penumpang lebih merasa nyaman dan bisa mengurangi potensi mabuk perjalanan saat melintasi jalanan bergelombang, bahkan saat mobil itu terisi penumpang secara penuh.

Ground clereance tinggi

Suspensi baru ditunjang ground clereance 220 milimeter yang membuat mobil itu dengan mudah melintasi jalanan bergelombang, berbatu atau genangan air.

Shinji Suzuki mengatakan, "New Xpander Cross memiliki Ground Clereance yang sangat baik guna memperkuat karakter SUV-nya. Ketinggian mobil itu juga membuat pengemudi tidak perlu khawatir terkena batu atau saat melintasi genangan air."

Masahiro Tamura menambahkan bahwa New Xpander Cross memiliki visibilitas yang baik berkat fender depan yang mampu meminimalisir cipratan air jatuh ke kaca depan.

"Desain depannya juga memungkinkan pengemudi melihat objek setinggi 1 meter sehingga bisa mencegah kecelakaan, misalnya saat seorang anak menyeberang jalan," kata dia.

Rahasia di balik kabin senyap

Masahiro Tamura membocorkan rahasia di balik senyapnya kabin New Xpander Cross, yakni penempatan insulator untuk meredam suara mesin masuk ke ruang penumpang.

"Rahasia dibalik kekedapan kabin New Xpander Cross adalah insulator pada ruang mesin yang mampu meredam suara secara lebih baik. Perangkat itu diletakkan pada bodi depan dan di bawah mesin," kata dia.

New Xpander Cross juga menempatkan bulkheadmaterial yang dipasang di setiap sisi guna mencegah kebisingan saat membuka pintu. Lebih dari itu, terdapat peredam suara pada bagian undercover dan kaca depan.

Lingkar kemudi

New Xpander Cross mengadopsi lingkar kemudi baru yang lebih mewah dan memberikan rasa berkendara yang halus. Hal itu dimungkinkan karena steering New Xpander Cross mampu membalik secara lambat namun tepat sesuai grip roda saat membelok.

"Streering responsnya mirip Pajero Sport, bantingan enak. Ada penyempurnaan soundprofing, ada steering feedback. Jadi karena improve di suspensi, steering menjadi enak dan sesuai dengan manuver mobil," kata Rifat Sungkar selaku duta merek Mitsubishi Indonesia.